Penyebaran COVID-19 di Tapal Kuda sudah menurun

Penyebaran COVID-19 di Tapal Kuda sudah menurun

Rapat koordinasi Satgas COVID-19 Nasional bersama Satgas COVID-19 Situbondo di Pendopo Kabupaten Situbondo, Senin (10/5/2021). ANTARA/Novi H.

penyebaran COVID-19 seperti Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso menurun dan landai
Situbondo (ANTARA) - Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Brigjen Pol Sri Eko Pranggono menilai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di daerah Tapal Kuda Jawa Timur kini sudah menurun, namun masyarakat diminta untuk tidak terlena.

"Rata-rata (di Tapal Kuda) penyebaran COVID-19 seperti Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Situbondo dan Bondowoso menurun dan landai," tuturnya, saat kunjungan kerja ke Pendopo Kabupaten Situbondo, Senin.

Ia menyampaikan dalam penanganan COVID-19 juga harus memberdayakan atau melibatkan masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pengendalian penularan virus hingga tingkat paling bawah.

Brigjen Pol Sri Eko Pranggono juga meminta Pemerintah Kabupaten Situbondo bersama TNI/Polri dan jajarannya agar terus melakasanakan pengendalian penyebaran COVID-19, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Dari kajian kami, biasanya saat libur panjang seperti Lebaran ini, pergerakan atau mobilitas rakyat meningkat. Di situlah kita harus mewaspadai untuk mengendalikan penularan COVID-19," ucapnya.
Baca juga: Gubernur: Positivity rate COVID-19 di Jatim capai enam persen
Baca juga: Satgas COVID-19 pusat monitor pelaksanaan PPKM Mikro di Kota Madiun


Ia menilai penanganan COVID-19 di Kabupaten Situbondo cukup baik dan harus terus dipertahankan dengan bekerja sama TNI/Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Hingga Senin (10/5), Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Situbondo mencatat hanya tersisa dua orang pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Data sebaran COVID-19 Situbondo hingga hari ini tercatat sebanyak 2.517 pasien terkonfirmasi positif, 2.318 di antaranya dinyatakan sembuh, 199 orang meninggal dunia, dan sisa pasien dirawat sudah tidak ada.

"Semua sudah tergambar bagaimana Bupati Karna Suswandi dengan tegas melakukan langkah-langkah nyata, sehingga zona kuning dan zona oranye (di Situbondo) imbang," kata Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.

Di hadapan Tim Pakar Satgas COVID-19 Nasional, Bupati Situbondo Karna Suswandi memaparkan terkait penanganan COVID-19 di wilayah itu.
Baca juga: Kendalikan penyebaran kasus, PPKM Mikro di Jatim diperpanjang lagi

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinariyanto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar