HMI-MPO harap kapolri perkuat kepercayaan publik terhadap kepolisian

HMI-MPO harap kapolri perkuat kepercayaan publik terhadap kepolisian

Kapolri Pastikan Dukung Program Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi 

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam-Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI-MPO) berharap Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dapat memperkuat kepercayaan publik terhadap kepolisian beserta anggotanya.

Menurut PB HMI-MPO, kepercayaan publik terhadap kepolisian dapat menguat apabila kapolri konsisten mewujudkan 16 program prioritasnya yang ditetapkan pada awal 2021.

“Kami mendukung penuh beberapa program yang menjadi tugas utama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit, terkhusus 16 rumusan prioritas yang menjadi tugas Kapolri saat ini, dan kami sangat menantikan kinerja baik institusi Polri,” kata Ketua Umum PB HMI-MPO Ahmad Latupono sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Lemkapi: 84,2 masyarakat puas program Kapolri

“Kami pun berharap Polri saat ini bisa kembali membawa tren positif dan memgembalikan kepercayaan publik terhadap aparat kepolisian,” kata dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Ahmad Latupono juga menyampaikan pihaknya mendukung program-program kerja Jenderal Pol Listyo Sigit, antara lain menampilkan wajah kepolisian yang tegas tetapi humanis; memberi pelayanan secara transparan; dan menegakkan hukum secara adil.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik jadi kapolri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 27 Januari 2021.

Baca juga: Polri gandeng 9 pengawas eksternal mantapkan program Presisi

Tidak lama setelah dilantik, ia mengumumkan 16 program kerja prioritasnya, di antaranya penataan kelembagaan; perubahan sistem dan metode organisasi; SDM (sumber daya manusia) Polri unggul pada era 4.0; perubahan teknologi kepolisian jadi lebih modern; pemantapan kinerja pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat; peningkatan kinerja penegakan hukum; dan pemantapan dukungan Polri dalam penanganan COVID-19.

Di samping itu, Listyo Sigit juga memprioritaskan penguatan penanganan konflik sosial, pemantapan komunikasi publik, dan penguatan fungsi pengawasan, khususnya pengawasan pimpinan dalam tiap kegiatan.

Program kerja lain yang turut jadi prioritas kepolisian di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Listyo Sigit, yaitu
mengawal pemulihan Ekonomi Nasional; ikut menjamin keamanan Program Prioritas Nasional; meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri; mewujudkan pelayanan publik Polri yang terintegrasi; dan memberi akses pengawasan oleh masyarakat pencari keadilan.

Baca juga: Tindaklanjuti program Kapolri, Korlantas bentuk Satgas ETLE Nasional

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar