Washington (ANTARA) - Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Senin (10/5) bahwa pihaknya telah menurunkan peringkat peringatan perjalanan untuk Inggris dan Israel setelah menaikkan kedua negara itu ke tingkat peringatan tertinggi bulan lalu di tengah kekhawatiran COVID-19.

Departemen Luar Negeri itu menurunkan Inggris ke peringkat "Level 3: Pertimbangkan Ulang Perjalanan" dan menurunkan Israel ke "Level 2: Tingkatkan Kewaspadaan " Itu adalah penurunan peringkat Israel yang kedua dalam beberapa pekan terakhir.

Bulan lalu, Departemen Luar Negeri menaikkan peringkat sekitar 120 negara menjadi "Level 4: Jangan Bepergian" agar sejalan dengan peringkat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Sekitar 150 dari 209 tujuan perjalanan yang dinilai oleh Departemen Luar Negeri terdaftar di Level 4.

Sebuah koalisi perjalanan AS dan Eropa, maskapai penerbangan, serikat pekerja, bisnis dan grup bandara menyebut dalam sebuah surat minggu lalu untuk pembukaan kembali penuh "secepat mungkin dengan aman" atas kawasan perjalanan udara AS-Inggris

Amerika Serikat sejak Maret 2020 telah melarang hampir semua warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di Inggris Raya memasuki Amerika Serikat.

"Kembalinya penerbangan transatlantik tidak hanya akan berdampak positif secara signifikan pada ekonomi kita masing-masing, tapi juga akan menyatukan kembali mereka yang telah terpisah dari orang yang mereka cintai selama lebih dari setahun," kata surat yang ditandatangani oleh Kamar Dagang AS, Maskapai untuk Amerika, Virgin Atlantic, Asosiasi Maskapai Inggris, Asosiasi Industri Dirgantara, dan lainnya.

Hampir seluruh Eropa masih melarang sebagian besar pelancong AS untuk berkunjung, sementara Inggris mengizinkan kunjungan Amerika tetapi memerlukan karantina 10 hari pada saat kedatangan dan dua tes COVID-19.

Pada Jumat (7/5) , Inggris mengatakan akan mengizinkan perjalanan internasional untuk dilanjutkan mulai 17 Mei setelah berbulan-bulan melarang sebagian besar perjalanan ke luar negeri, tapi hampir semua tujuan utama tidak tercantum dalam daftar negara yang terbuka untuk liburan bebas karantina, termasuk Amerika Serikat.

Sumber: Reuters
Baca juga: AS turunkan peringkat peringatan perjalanan ke Israel ke Tingkat 3
Baca juga: Banyak warga AS nafikkan peringatan perjalanan COVID-19
Baca juga: Kanada keluarkan peringatan perjalanan ke Inggris

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021