Jakarta, 6/8 (ANTARA) - Kementerian Kehutanan akan menyelenggarakan workshop Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional 2010, pada 9 Agustus 2010 bertempat di Hotel Sultan, Jakarta. Workshop yang akan dibuka oleh Menteri Kehutanan tersebut mengambil tema "Meningkatkan Peranserta Masyarakat Dan Para Pihak Dalam Pengelolaan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE)". Workshop akan diikuti 100 peserta dari instansi pemerintah, Kelompok Pencinta Alam (KPA), LSM, Perbankan Nasional dan mahasiswa.

     Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, merupakan sebuah momentum strategis yang memiliki sasaran dan manfaat sangat penting dalam mendukung pengembangan upaya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE) melalui pendekatan kegiatan kampanye secara nasional untuk menumbuhkembangkan spirit untuk melakukan upaya konservasi. HKAN juga merupakan bagian dari pendidikan dan sosialisasi KSDAHE kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk para penentu kebijakan pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di daerah. HKAN diharapkan dapat diisi dengan serangkaian kegiatan, baik yang bersifat sporadis bersama maupun monumental.

     Maksud diselenggarakan Workshop adalah (1) Menyamakan persepsi semua stakeholders tentang pentingnya Hari Konservasi Alam Nasional sebagai salah satu momentum upaya meningkatkan kepedulian dan mentalitas masyarakat serta penyelenggara pembangunan nasional untuk mampu dan mau berperanserta dalam upaya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya sekaligus menyikapi isu-isu lingkungan global, (2) Mengkomunikasikan kegiatan Hari Konservasi Alam Nasional sebagai salah satu langkah kebijakan strategis Konservasi Sumber Daya alam Hayati dan Ekosistemnya melalui kampanye secara nasional. Tujuannya adalah terwujudnya kesepakatan dan komitmen segenap unsur bangsa dan negara terhadap peningkatan upaya KSDAHE dan mendorong terselenggaranya HKAN secara sporadis dan menomental di seluruh wilayah nusantara.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Masyhud, Kepala Pusat Informasi Kehutanan, Kementerian Kehutanan

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010