Lanal Banjarmasin siagakan tim SAR dan Jarkaplid hadapi momen Lebaran

Lanal Banjarmasin siagakan tim SAR dan Jarkaplid hadapi momen Lebaran

Personel Pangkalan TNI AL Banjarmasin menggelar latihan SAR dan Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa. ANTARA/Firman

Banjarmasin (ANTARA) - Pangkalan TNI AL Banjarmasin di Kalimantan Selatan menyiagakan tim SAR dan juga tim Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan menghadapi momen Lebaran Idul Fitri 2021 yang berpotensi meningkatkan aktivitas di perairan.

"Personel yang siaga diperkuat satu unit RHIB dan dua unit perahu cepat patroli yang dilengkapi dengan peralatan pendukung lain," kata Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbyantoko, Selasa.

Guna memastikan kesiap-siagaan personel dan sarana peralatannya, mereka pun menggelar latihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit tentang kedua hal itu.

Skenario latihan meliputi teknik SAR bagaimana mengatasi dan menolong orang jatuh di laut, prosedur pengejaran, penangkapan kapal yang baik dan benar pada saat kapal tersebut melanggar saat melintas serta dilanjutkan proses penyelidikan sesuai UU yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia menekankan kepada personelnya tidak memandang latihan hanya sebagai kegiatan rutinitas. Namun ikut berperan secara aktif menyempurnakan tugas dan peran TNI AL dalam menghadapi ancaman yang selalu berkembang.

Komandan Pangkalan TNI AL Banjarmasin, Kolonel Laut (P) Herbyantoko, memberikan arahan kepada personelnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa. ANTARA/Firman

Pada Lebaran tahun ini, kata dia, ada larangan pulang kampung oleh pemerintah dan mereka turut mendukung dalam pengawasan di angkutan laut.

Selain mengerahkan personel di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pangkalan TNI AL Banjarmasin juga berpatroli di perairan melakukan pengawasan sekaligus pengamanan lalu lintas air bersama instansi-instansi lain

"Kami imbau masyarakat dapat mematuhi larangan mudik ini termasuk bagi ABK, nelayan dan sektor maritim lainnya. Mari bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid19 dengan tidak mudik tahun ini," katanya.

Pewarta: Firman
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pelarangan mudik selesai, Bandara Malikussaleh dipadati penumpang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar