Resensi film

"Dear Imamku" rangkum perjalanan hijrah yang tak mudah

Oleh Livia Kristianti

"Dear Imamku" rangkum perjalanan hijrah yang tak mudah

Cuplikan adegan dalam film "Dear Imamku". (ANTARA/HO/Instagram@tissabiani)

Jakarta (ANTARA) - Hijrah atau perubahan diri ke arah lebih baik dapat menjadi sebuah tantangan yang sulit dilakukan untuk setiap orang yang memilihnya.

Hal ini pun terangkum cukup baik dalam film “Dear Imamku” yang disutradarai oleh Dian Sasmita dengan pemeran utama Dul Jaelani dan Tissa Biani.

Meski dikatakan merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama, namun terdapat penyesuaian besar- besaran dari karakter dari yang ada di film dan di novel.

Di dalam novel secara jelas karakter utama merupakan seorang dokter dan seorang anak SMA, maka dalam film peran Harris (Dul Jaelani) dan Allysa (Tissa Biani) menjadi sepasang kekasih yang menjalani profesi “Youtuber”.

Baca juga: Cara Tissa Biani bikin Dul Jaelani merasa nyaman saat syuting

Baca juga: Ogah mudik, Tissa Biani dan Dul Jaelani rencanakan nonton bioskop


Akan tetapi penulis buku “Dear Imamku” dan sutradara menyebutkan film bergenre religi itu tetap mengisahkan makna cerita pasangan muda yang memilih hijrah namun rupanya perjalanannya tidak mudah.

Di awal film, diceritakan awal pasangan Harris dan Allysa bisa bertemu dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pasangan kekasih.

Keduanya pun akhirnya menjalani karir sebagai pasangan Youtuber yang menceritakan kisah dan kegiatan mereka sebagai sepasang kekasih untuk mendapatkan penghasilan.

Allysa digambarkan sangat bergantung pada pekerjaan Youtuber itu karena harus menjadi tulang punggung keluarganya membiayai adik serta ibunya.

Selain itu, pekerjaannya itu juga dilakoni Alyssa untuk menyiapkan tabungan masa depan untuk meraih pendidikan Sarjana di Universitas ternama di Luar Negeri yang sudah menjadi cita-cita Allysa sejak lama.

Harris sebenarnya tidak terlalu berpikir untuk mendalami karir Youtubernya dan justru menginginkan untuk meraih cita- cita masa kecilnya sebagai musisi.

Saat keduanya mencapai titik “golden play button”, masalah mulai muncul.

Ibu Harris (Deivy Zulyanti Nasution) tiba- tiba dilarikan ke rumah sakit karena kehilangan kesadarannya dan berujung pada koma.

Harris yang terpukul pun akhirnya mengenang masa lalunya ketika masih rajin mengaji dan gemar beribadah bersama sang Ibunda.
Cuplikan Harris memulai hijrahnya dalam film "Dear Imamku". (ANTARA/HO/ Main Pictures)


Ia pun memutuskan untuk kembali beribadah dan berdoa kepada Allah untuk kesembuhan ibunya, ia bahkan bernazar ingin hijrah dan mengikuti ajaran agama dengan baik dan benar jika ibunya sembuh.

Dengan cepat, doa itu terwujud dan akhirnya Ibu Harris lantas terbangun dari komanya. Sesuai dengan nazarnya itu, Harris pun memulai perjalanan hijrahnya tanpa diketahui oleh sang kekasih.

Baca juga: Cerita adu peran pasangan Tissa Biani dan Dul Jaelani di "Dear Imamku"

Baca juga: Angga Sasongko bikin film pendek pakai HP, ini fitur yang digunakan

Baca juga: Sambut Idul Fitri dengan film-film religi

 

Oleh Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar