Layanan pelabuhan Pelindo III tetap buka selama libur Idul Fitri

Layanan pelabuhan Pelindo III tetap buka selama libur Idul Fitri

Ilustrasi - Layanan bongkar muat peti kemas di pelabuhan yang dikelola PT Pelindo III. ANTARA /HO-Pelindo III/am.

Pelayanan tetap berjalan sebagaimana pelayanan harian, tidak ada yang berbeda, karena kami telah mengimplementasikan sistem pelayanan operasional yang berjalan selama 24 jam 7 hari secara nonstop
Surabaya (ANTARA) - Pelayanan kegiatan kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III tetap beroperasi penuh selama masa libur Lebaran tanggal 12 hingga 16 Mei 2021, sebagai komitmen pelayanan terhadap pengguna jasa.

Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu di Surabaya, Selasa, mengatakan pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III akan tetap melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam setiap harinya.

Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal dan layanan pendukung lainnya.

"Kami berkomitmen untuk menjaga kelancaran arus logistik di pelabuhan yang menjadi tanggung jawab kami dengan harapan agar distribusi logistik ke masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lancar," kata Suryo di kantor pusat Pelindo III, Surabaya.

Ia mengatakan selama periode libur Idul Fitri 2021 pengguna jasa tetap dapat mengakses seluruh layanan Pelindo III di seluruh pelabuhan melalui portal pelanggan yang tersedia secara daring.

Pengguna jasa juga sekaligus dapat mengakses nota tagihan atas pelayanan jasa yang telah dilakukan oleh Pelindo III.

"Pelayanan tetap berjalan sebagaimana pelayanan harian, tidak ada yang berbeda, karena kami telah mengimplementasikan sistem pelayanan operasional yang berjalan selama 24 jam 7 hari secara nonstop yang kami sebut dengan Port Operations Command Center (POCC)," katanya.

Dengan sistem ini proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat.

"Keberadaan POCC membantu kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan menjadi lebih efisien dan efektif baik dari sisi tenaga ataupun waktu. Sistem ini sekaligus sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan karena mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan), dan sangat menguntungkan pengguna jasa, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran bagi mereka terhadap layanan Pelindo III khususnya pada saat perayaan Idul Fitri tahun 2021," katanya.

Pelindo III mengelola sebanyak 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Baca juga: Indra Karya-Pelindo III jalin kerja sama perkuat kolaborasi BUMN
Baca juga: Pelindo III terima ganti rugi insiden Kapal MV Soul of Luck
Baca juga: Pelindo III targetkan Terminal Multipurpose Labuan Bajo rampung April

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar