Saham Eropa jatuh dari level tertinggi, dipicu kekhawatiran inflasi

Saham Eropa jatuh dari level tertinggi, dipicu kekhawatiran inflasi

Ilustrasi - Grafik indeks harga saham DAX Jerman digambarkan di bursa saham di Frankfurt, Jerman (2/2/2021). ANTARA/REUTERS/Staff/aa.

Jakarta (ANTARA) - Saham Eropa turun dari level tertinggi sepanjang masa pada hari Jumat, dengan saham perusahaan teknologi, perjalanan dan pertambangan di antara pecundang teratas setelah kekhawatiran tentang kenaikan inflasi AS memukul mundur indeks saham AS.

Indeks pan-Eropa STOXX 600 turun 1,6 persen setelah mencapai rekor penutupan tertinggi pada hari Senin. Bursa utama di Frankfurt, Paris dan London semuanya melemah lebih dari 1,5 persen.

Baca juga: Wall Street ditutup jatuh, Indeks Nasdaq anjlok 350,38 poin

Baca juga: IHSG terkoreksi jelang libur Lebaran, terseret pelemahan Wall street


Sentimen global memburuk setelah kekhawatiran inflasi mendorong investor menjauh dari saham-saham pertumbuhan terkemuka di pasar Wall Street pada hari Senin menjelang pengumuman data terbaru tentang harga konsumen AS (inflasi), yang dikhawatirkan dapat mendorong bank sentral, Federal Reserve (Fed) AS untuk mempertimbangkan kembali kebijakan moneternya.

Saham teknologi Eropa jatuh 2,2 persen ke level terendah sejak akhir Maret, sementara penambang membalik sebagian dari kenaikan kuat mereka di sesi sebelumnya.

Saham perjalanan dan rekreasi merosot 3,7 persen karena saham Evolution Gaming Group Swedia jatuh 9,6 persen setelah pengumuman harga penjualan saham perusahaan itu dalam jumlah besar perdagangan (block trades).

Baca juga: Saham Spanyol ditutup untung, Indeks IBEX 35 terangkat 0,94 persen

Baca juga: Saham Inggris setop keuntungan, Indeks FTSE 100 turun 0,09 persen


 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar