Hari ke-6 larangan mudik, Terminal Kalideres berangkatkan 2 penumpang

Hari ke-6 larangan mudik, Terminal Kalideres berangkatkan 2 penumpang

Suasana Terminal Bus Kalideres pada hari keenam larangan mudik Lebaran 2021, Selasa (11/5/2021). (ANTARA/Anisyah Rahmawati)

Jakarta (ANTARA) - Hari keenam periode larangan mudik tanggal 6-17 Mei 2021, Terminal Kalideres hanya memberangkatkan dua penumpang yang memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan.

"Sampai dengan pukul 9.00 WIB baru memberangkatkan bus tujuan Jepara dengan dua orang penumpang," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen yang ditemui ANTARA di lokasi, Selasa.

Pada Senin (10/5) di dalam Terminal Kalideres telah tersedia 45 bus namun yang beroperasi hanya delapan bus dengan 38 penumpang untuk tujuan Surabaya, Madura, Wonosobo, Cilacap, Tasikmalaya dan Pekalongan.

Pantauan di lokasi, bus yang tengah parkir di Terminal Kalideres hanya yang menggunakan stiker khusus yang diterbitkan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, lantas pengemudi dan kondektur juga harus memiliki surat tugas dari perusahaan.

Penumpang yang ingin melakukan perjalanan melalui Terminal Kalideres akan diminta kelengkapannya termasuk Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Baca juga: Terminal Kalideres antisipasi terminal bayangan dengan manifes
Baca juga: 27 orang berangkat ke Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Kalideres
Hanya bus dengan stiker yang dibolehkan masuk ke Terminal Kalideres selama kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 (ANTARA Anisyah Rahmawati)

Pengemudi bus yang ditemui di Terminal Kalideres mengaku sejak pelarangan mudik tanggal 6 Mei sepi penumpang.

"Satu bus kadang hanya lima orang penumpang saja, bahkan saya pernah mengangkut 1 orang penumpang" Ujar Omce, sopir bus kalideres.

Dia juga mengatakan bahwa lebaran tahun 2021 ini jumlah penumpang hampir sama dengan lebaran 2020 yang juga ada kebijakan larangan mudik.

Omce yang mengemudikan bus trayek Jakarta - Kuningan ini mengatakan hanya mengenakan tarif Rp300 ribu kepada penumpang.

Berdasarkan pantauan tarif yang dikeluarkan beragam sekitar Rp300 ribu-Rp600 ribu untuk yang ke arah Jawa naik dibandingkan saat normal yang hanya Rp200 ribu-Rp270 ribu atau tergantung jarak tempuh bus masing-masing.

Walaupun hanya sedikit penumpang, akan tetapi bus-bus tersebut akan tetap berangkat sesuai dengan kebijakan perusahaan meskipun tidak mendapatkan untung.

Berikut daftar keberangkatan penumpang yang memenuhi persyaratan di Terminal Bus Kalideres (10/05/2021) pukul 00.00-24.00

1.PO.Sinar Jaya menujur Surabaya 2 orang penumpang
2.PO. Pahala Kencana menuju Madura 10 orang penumpang
3.PO. Sinar Jaya menuju Surabaya 1 orang penumpang
4.PO Sinar Jaya menuju Wonosobo 3 orang penumpang
5.PO. Sinar Jaya menuju Cilacap 8 orang penumpang
6.PO. Sinar Jaya menuju Wonosobo 4 orang penumpang
7.PO. Budiman menuju Tasikmalaya 6 orang penumpang
8.PO. Sinar Jaya menuju Pekalongan 4 orang penumpang

Pewarta: Anisya Rahmawati/ Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hari pertama larangan mudik, Terminal Kalideres angkut 10 penumpang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar