Polda Metro siapkan skenario antisipasi lonjakan arus balik

Polda Metro siapkan skenario antisipasi lonjakan arus balik

Foto udara sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat akan melintasi check point penyekatan di Tol Cikarang Barat KM 31, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Pada Operasi Ketupat Jaya 2021 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memutarbalikkan 444 kendaraan pemudik di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat dengan perincian 346 kendaraan pribadi dan 98 kendaraan umum. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/rwa.

bisa diperpanjang ke KM 28 atau bahkan sejak KM 5, dengan jarak total 60 kilometer
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi lonjakan arus balik pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan sekitarnya usai perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Antisipasi arus balik kami sudah siapkan skenario baik yang sifatnya contra flow maupun sifatnya one way," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Selasa.

Baca juga: Pemudik lokal di Pos Pasar Jumat akan diputar balik

Skenario sementara "contra flow", Ditlantas Polda Metro Jaya  akan memulai dari KM 65 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 42.

Sistem "contra flow" tersebut bisa diperpanjang ke KM 28 atau bahkan sejak KM 5, dengan jarak total 60 kilometer.

Namun jika masih terjadi kepadatan arus balik, pihak Polda Metro Jaya nantinya akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri untuk kebijakan yang lebih luas.

Baca juga: Sudah 32.815 kendaraan diputar balik karena terindikasi mudik

"Kalau itu tidak menolong juga tentu atas koordinasi dengan pihak Korlantas maka akan kita laksanakan "one way" biasanya mulai dari Tol Cikampek sampai Jakarta atau malah mungkin dari Kalikangkung Semarang seperti dua tahun lalu. Tentu ini berdasarkan atensi Korlantas Polri," pungkasnya.

Polda Metro Jaya mengatakan berdasarkan data yang didapatkan dari operator jalan tol, tercatat 360 ribu kendaraan keluar Jakarta pada periode 1-10 Mei 2021.

Baca juga: Polisi amankan truk sayur angkut pemudik di Bekasi

Angka tersebut diperkirakan masih akan bertambah sehingga diperlukan langkah khusus oleh pihak kepolisian untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan pada arus balik Lebaran 2021 atau Idul Fitri 1442 Hijiriah.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Klaster di Jatiuwung Kota Tangerang, Polda Metro Jaya terapkan micro-lockdown

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar