Pantau objek wisata saat libur Lebaran, Basarnas Medan siaga

Pantau objek wisata saat libur Lebaran, Basarnas Medan siaga

Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Medan, Selasa (11/5/2021) apel siaga dengan menurunkan 60 personel dalam pelaksanaan siaga khusus saat Lebaran 2021 dan menjaga objek-objek wisata di Sumatera Utara.  (FOTO ANTARA/HO-Basarnas Medan)

Pelaksanaan siaga khusus itu juga sebagai antisipasi larangan masyarakat yang akan mudik saat Lebaran nanti di wilayah Sumatera Utara
Medan (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Medan menurunkan 60 personel dalam pelaksanaan siaga khusus saat Lebaran 2021 guna menjaga objek-objek wisata di Provinsi Sumatera Utara.
 
"Pelaksanaan siaga khusus itu juga sebagai antisipasi larangan masyarakat yang akan mudik saat Lebaran nanti di wilayah Sumatera Utara," kata Kepala Kantor SAR Medan Toto Mulyono kepada wartawan, Selasa, di Medan.
 
Ia menyebutkan bahwa ke-60 personel SAR itu terdiri atas 28 personel yang berada di Kantor Basarnas Medan, 9 personel pos Danau Toba, 14 personel yang berada di Tanjung Balai dan 11 personel yang siaga di Pelabuhan Belawan.
 
Para personel tersebut nantinya akan memantau aktivitas masyarakat yang mengunjungi tempat-tempat wisata saat Lebaran.
"Karena tempat wisata yang paling ramai di kunjungi masyarakat saat liburan," katanya.
 
Pihaknya juga akan menurunkan peralatan SAR, seperti mobil yang dilengkapi dengan alat-alat evakuasi, perahu karet dan peralatan lainnya.
 
"Seluruh personel itu nantinya selalu siap, baik bergerak maupun 'standby' di kantor," kata Toto Mulyono.
 
Sementara itu, Kasi Ops Kantor SAR Medan, Zul Indra menambahkan bahwa untuk tempat wisata yang berada di kawasan Danau Toba, petugas akan melakukan penjagaan selama 24 jam.
 
"Apabila menerima informasi ada bencana, petugas langsung turun dan mobile. Namun, apabila personel kurang akan kita kerahkan dari Medan. Kita juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati di daerah yang rawan longsor dan rawan orang tenggelam di Danau Toba," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara pemerintah daerah antisipasi lonjakan COVID-19 pasca Lebaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar