Jakarta (ANTARA) - Noel dan Liam Gallagher akan menjadi eksekutif produser untuk film dokumenter tentang sebuah konser musik paling legendaris dalam sejarah rock Inggris, Knebworth.

Knebworth merupakan pertunjukan paling terkenal yang berlangsung pada Agustus 1996. Konser ini menarik sekitar 250.000 penggemar selama dua malam untuk melihat ikon Britpop Oasis tampil, di mana setahun sebelumnya mereka merilis album "What's The Story (Morning Glory)" yang menjadi puncak kejayaannya.

Jake Scott yang telah membuat video musik untuk Oasis, R.E.M., U2, The Verve, dan The Rolling Stones akan mengarahkan film tersebut. Film ini rencananya akan dirilis di bioskop Inggris pada akhir tahun 2021 untuk merayakan ulang tahun ke-25 konser tersebut.

Baca juga: Liam Gallagher ungkap judul album solo ketiganya

"Ini adalah cerita yang sepenuhnya didorong oleh musik, pengalaman rock and roll, cerita momen pada saat itu seperti apa saja tampilan visual yang dibangun, intinya tentang arsip mengenai acara tersebut," kata Scott dilansir The Hollywood Reporter, Rabu.

Scott mengatakan film dokumenter ini tidak akan ada wawancara di depan kamera ataupun kenangan selebritis yang dianggap tidak perlu.

Film ini akan diproduksi oleh RSA Film, di mana Gallagher bersaudara duduk sebagai eksekutif produser. Dokumenter tersebut akan dibiayai dan didistribusikan oleh Sony Music Entertainment dan dirilis di bioskop oleh Trafalgar Releasing.

Produser mengklaim bahwa "Knebworth" layak mendapatkan tempat di samping film dokumenter konser lainnya seperti "Let It Be", "Monterey Pop" dan "Ladies and Gentlemen: The Rolling Stones", sebuah konser tragis di Altamont yang mendokumentasikan titik balik mereka pada akhir tahun 1960-an.

Baca juga: Liam Gallagher ejek lagu baru Noel membosankan

Baca juga: Oasis reuni di Galstonbury 2021?

Baca juga: Studio rekaman legendaris Led Zeppelin dan Black Sabbath akan dijual

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021