Telkomsel dan Huawei perkuat kerja sama teknologi

Telkomsel dan Huawei perkuat kerja sama teknologi

Telkomsel x Huawei. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi dan TIK Telkomsel bersama dengan Huawei menggelar pertemuan tentang cloud, mengupas beberapa inisiatif untuk memperdalam kerja sama serta memperkuat komitmen bersama guna meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.

Dikutip dari keterangannya pada Rabu, tujuan lainnya adalah untuk memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, serta mendukung visi Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terkemuka di dunia.

Pertemuan mengusung tema "Win Together in New Normal Era" dan dipimpin oleh Presiden Direktur Telkomsel Setyanto Hantoro, Rotating Chairman Huawei Technologies Guo Ping, dan CEO Huawei Indonesia Jacky Chen. Gelaran ini juga dihadiri secara offline maupun virtual oleh sejumlah petinggi senior baik dari Telkomsel dan Huawei.

Baca juga: Huawei: Kolaborasi antarsektor pulihkan kepercayaan pada teknologi

Baca juga: Huawei investasikan 220 juta dolar perkuat layanan


Pertemuan menghasilkan beberapa kesepakatan penting, salah satunya kesepakatan Telkomsel dan Huawei untuk berkolaborasi dalam sejumlah inisiatif. Hal ini termasuk bersama-sama membangun bisnis dan pengembangan jaringan untuk mendorong tingkat penerimaan terhadap Orbit, mengeksplorasi peluang monetisasi dan use cases, dan saran-saran untuk mendukung kepemimpinan dalam teknologi.

"Pertemuan ini memberikan kesempatan bagi kami untuk berdiskusi lebih dalam guna menemukan cara terdepan untuk memperkuat transformasi digital baik di internal Telkomsel maupun di Indonesia secara menyeluruh melalui upaya-upaya kolaboratif perusahaan. Sudah menjadi visi Telkomsel untuk terus menjadi perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, sebagai bentuk dukungan terhadap visi pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ujar President Director Telkomsel Setyanto Hantoro.

"Demi mewujudkan visi tersebut, Telkomsel berkomitmen untuk memperkuat tiga pilar digital utama perusahaan, yaitu Konektivitas Digital, Platform Digital, dan Layanan Digital. Telkomsel pun berharap dapat terus menjalin kemitraan strategis bersama Huawei dalam mendorong percepatan digitalisasi bangsa dan negara, sehingga visi Telkomsel dan Indonesia dapat terwujud," imbuhnya.

Chief of Planning and Transformation Officer of Telkomsel, Wong Soon Nam mengatakan, "Terdapat beberapa area strategis di mana Telkomsel dapat berkolaborasi secara lebih mendalam dengan Huawei, seperti eksplorasi solusi dalam memaksimalkan laba atas investasi untuk teknologi LTE dan 5G, kolaborasi bersama untuk mengembangkan layanan FWA di Indonesia, serta kerja sama dalam pengembangan teknologi 5G dan solusinya bagi enterprise."

Director of Network Telkomsel Nugroho menambahkan, Telkomsel terus meningkatkan kinerja sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan memperkuat kerja sama dengan berbagai mitra strategis, salah satunya Huawei.

Lebih lanjut, Telkomsel telah menjalankan berbagai strategi yang dapat membuka performa perusahaan lebih luas di 2021, salah satunya menerapkan pola pikir ‘cut the fat & build the muscle’ yang berfokus pada upaya untuk meningkatkan customer experience, mempertahankan kepemimpinan teknologi, dan meningkatkan efisiensi.

Operasi bisnis strategis cut the fat dilakukan dengan menjalankan 3G Sunsetting, memanfaatkan cloud sebagai fondasi jaringan (virtualisasi), sekaligus memastikan penyederhanaan dan otomatisasi jaringan.

"Sedangkan strategi build the muscle dilakukan dengan menghadirkan solusi 5G bagi pelanggan dan mitra perusahaan, menawarkan pengalaman beragam untuk berbagai kebutuhan pelanggan, aktif membangun dan memberdayakan ekosistem digital, serta memperkuat pengalaman layanan game dan video. Secara menyeluruh, Telkomsel memberikan produk dan layanan terbaik untuk pengguna dan value proposition yang unik di tengah pasar," kata dia.

Di pengujung pertemuan, Telkomsel dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan SDM. MoU tersebut selaras dengan komitmen Huawei untuk mewujudkan keberhasilan transformasi digital di Indonesia, salah satunya adalah melalui pengembangan SDM digital.

Huawei Indonesia sendiri telah menargetkan dalam 5 tahun berhasil mengembangkan kapasitas 100 ribu SDM di bidang teknologi digital, seperti cloud, kecerdasan buatan, big data analytics, keamanan siber, dan konektivitas generasi berikutnya. Tujuannya adalah untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia 4.0 yaitu menjadikan Indonesia sebagai 10 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030 dan 5 besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

Selain mendukung program pengembangan SDM, Huawei secara konsisten juga menghadirkan solusi-solusi berkualitas guna mendukung komitmen Telkomsel untuk terus menjadi pemimpin pasar di Indonesia.

Baca juga: Investasi Telkomsel ke Gojek diprediksi tingkatkan saham TLKM

Baca juga: Trafik data Telkomsel ditaksir naik 8,54 persen pada Ramadhan-Lebaran

Baca juga: Analis: Investasi Telkomsel di Gojek berpotensi tumbuh eksponensial

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Melalui 5G, Telkomsel dorong trasformasi digital pendidikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar