Bazar Ramadhan pasok lima ton daging sapi beku untuk tekan harga

Bazar Ramadhan pasok lima ton daging sapi beku untuk tekan harga

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Diana Dewi ketika memberikan sambutan pada pembukaan Bazar Ramadhan Bahagia di Jakarta, Selasa (11/5/2021). (ANTARA/HO-Kadin DKI)

Jakarta (ANTARA) - Bazar Ramadhan Bahagia memasok lima ton daging sapi beku untuk dijual di sejumlah lokasi di Jakarta pada 11-12 Mei 2021 dengan harga Rp80.000 per kilogram yang diharapkan mampu menekan lonjakan harga menjelang Lebaran.

"Kami akan mendekatkan diri dengan masyarakat Jakarta untuk mengurangi terjadinya antrean serta menjadikan harga daging sapi lebih terjangkau," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Diana Dewi di Jakarta, Rabu.

Adapun bazar tersebut diselenggarakan oleh Komunitas Jakarta Bahagia yang didukung Bulog, Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) dan Asosiasi Pedagang Daging Skala UKM dan Rumah Tangga (Aspedata) dan Kadin DKI.

Pada hari pertama, bazar menyasar warga di Menteng Atas Setiabudi, Jakarta Selatan.

Bazar Ramadhan Bahagia juga menyasar lokasi lainnya di Jakarta secara serentak mulai Selasa (11/5) hingga Rabu (12/5) atas kerja sama dengan asosiasi pedagang daging di seluruh pasar di Jakarta.

Sementara itu, Direktur Bisnis Bulog Febby Novita menambahkan selain di Menteng Atas, Setiabudi Jakarta, juga menyasar berbagai pasar, kelurahan hingga jaringan rumah tangga yang berada di bawah koordinasi Bulog.

"Untuk lokasi Bazar Ramadhan Murah, kami mengutamakan menggelar di wilayah-wilayah yang diprediksi warganya memang jarang mengonsumsi daging sapi yang harganya memang relatif mahal pada masa hari raya," kata Febby.

Dengan bazar itu, ia berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dengan harga "miring" mengingat saat ini harga daging sapi meningkat mendekati Lebaran.

Baca juga: Kadin DKI gelar operasi pasar cegah aksi lanjutan pedagang daging
Baca juga: DKI musnahkan 1,3 ton daging babi yang didistribusi secara ilegal


Di sisi lain, Ketua Komunitas Jakarta Bahagia Agus Supriyanto berharap ke depan Bulog, Kadin DKI, ADDI serta Aspedata kembali menggelar acara serupa di luar bulan Ramadhan berkelanjutan.

"Idealnya bazar daging dengan harga terjangkau digelar secara rutin setiap tiga bulan sekali. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat yang kurang mampu dapat mengkonsumsi daging sapi lebih banyak dengan harga yang terjangkau jauh di bawah harga pasaran pada umumnya," kata Agus.

Pada hari pertama Bazar Ramadhan Bahagia, dihadiri juga Ketua Umum ADDI Ahmad Hadi, Sekretaris Kota Jakarta selatan Munjirin serta sejumlah pejabat lainnya.

Sementara itu, berdasarkan Informasi Pangan Jakarta (IPJ) rata-rata harga daging sapi mengalami kenaikan menjelang Lebaran.

Harga daging sapi per 12 Mei 2021 di DKI Jakarta rata-rata mencapai Rp149.523 per kilogram untuk daging paha belakang dengan kenaikan mencapai Rp2.819 dibandingkan harga sehari sebelumnya.

Sedangkan harga daging sapi murni untuk semur mencapai Rp146.022 per kilogram atau naik Rp3.363 dibandingkan hari sebelumnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Diskumdag Pontianak pangkas rantai distribusi untuk stabilitas harga daging sapi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar