Warga Payakumbuh tetap bisa Shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan

Warga Payakumbuh tetap bisa Shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan

 Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (ANTARA/HO-Pemkot Payakumbuh)

Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi mengatakan pada Idul Fitri 1442 Hijriah warga setempat tetap bisa menggelar Shalat Id secara berjamaah, baik di masjid, mushalla, maupun lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Riza di Payakumbuh, Rabu, mengatakan warga daerah yang diperbolehkan melaksanakan Shalat Id secara berjamaah adalah wilayah atau kelurahan yang berisiko rendah penyebaran COVID-19.

"Boleh, sepanjang tidak membahayakan kondisi lingkungan, artinya sepanjang daerah yang melaksanakan berisiko rendah. Artinya harus mempertimbangkan kondisi penyebaran COVID-19 di daerah atau kelurahan masing-masing," katanya.

Ia menjelaskan warga diperbolehkan Shalat Id berjamaah ini juga tindak lanjut dari surat edaran baru Gubernur Sumatera Barat Nomor: 09/Ed/GSB-2021 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya izinkan umat Islam laksanakan Shalat Idul Fitri

Pada prinsipnya, pihaknya tidak melarang masyarakat untuk Shalat Idul Fitri, baik di masjid, lapangan, atau di rumah masing-masing.

"Jika berdasarkan surat edaran gubernur tersebut, secara umum kita tidak melarang masyarakat untuk Shalat Id di lapangan, sepanjang masyarakat mau menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Meskipun membolehkan warga Shalat Id di masjid atau lapangan, Pemkot Payakumbuh tahun ini tetap tidak memfasilitasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri bersama di halaman balai kota.

Riza mengingatkan hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat bahwa kondisi COVID-19 di Payakumbuh hingga saat ini belum membaik.

Dia berharap, masyarakat kooperatif dalam pelaksanaan Shalat Id di kelurahan-kelurahan dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Pakai masker, jaga protokol kesehatan selama melaksanakannya, semoga kita diberikan kemenangan oleh Allah SWT di hari yang suci dan penuh berkah," katanya.

Baca juga: Ikhtiar mengerem euforia Lebaran
Baca juga: Wapres akan jalankan Shalat Idul Fitri di kediaman resmi
Baca juga: Masjid Al Azhom Tangerang tidak gelar Shalat Idul Fitri

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenparekraf siapkan subsidi ongkos kirim ekspor rendang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar