Mendagri Minta Tradisi Baik Tetap Dipertahankan

Mendagri Minta Tradisi Baik Tetap Dipertahankan

Banjarmasin (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Gamawan Fauzi meminta, tradisi yang baik seperti yang dimiliki masyarakat Kalimantan Selatan agar tetap dijaga atau dipertahankan.

Permintaan itu dikemukakannya saat pelantikan gubernur/wakil gubernur Kalsel periode 2010 - 2015 dalam rapat paripurna istimewa DPRD di Banjarmasin, Minggu.

Mendagri mencontohkan tradisi baik yang dimiliki masyarakat Kalsel khususnya orang Banjar antara lain saling tenggang rasa, selalu berusaha menjaga kebersamaan dan kerukunan.

Contoh itu terlihat dan terbukti pada pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kalsel 2010 berjalan dengan aman dan lancar, tidak menimbulkan konflik, lanjutnya.

Sebagai tindak lanjut kebersamaan itu pula, dia mengajak, semua masyarakat Kalsel agar membantu gubernur/wagub selaku pemimpin daerah dalam melaksanakan program pembangunan.

"Sebagaimana peribahasa orang Banjar yaitu `jangan bacakut papadaan` (jangan berkelahi/silang sengketa terhadap sesama)," pesannya.

Contoh lain yang baik dari sikap orang Banjar dan patut menjadi perhatian bersama yaitu Kalsel merupakan provinsi tertua di Kalimantan namun wilayahnya terkecil.

"Hal itu berarti selaku saudara tua Kalsel tidak terlalu mempermasalahan luas wilayah dan mempersilakan provinsi lain di Kalimantan selaku saudaranya untuk maju dan berkembang," demikian Gamawan Fauzi.

Sebelumnya saat memimpin rapat paripurna istimewa dewan di Mahligai Pancasila, Ketua DPRD Kalsel Kolonel Infrantri Purnawiraran Nasib Alamsyah secara singkat mengurai kronologis Pilkada 2010 di provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota itu.

Peserta Pilkada 2010 2 Juni lalu itu sebanyak lima pasangan kandidat dan terpilih sebagai Gubernur Kalsel untuk lima tahun mendatang, H. Rudy Ariffin (incumbent) berpasangan dengan H. Rudy Resnawan ketika itu Wali Kota Banjarbaru.

Dalam pelaksanaan Pilkada Kalsel 2010 sejak awal hingga pelantikan gubernur/wagub terpilih, provinsi yang kini berpenduduk hampir 3,5 juta jiwa dengan beragam suku tetap kondusif.

"Kita berharap keadaan Kalsel yang kondusif bukan cuma sampai pascapemilihan gubernur/wagub tetapi untuk selanjutnya," demikian Nasib Alamsyah.

Pelantikan gubernur Kalsel selain dihadiri Menteri Negara Lingkungan Hidup, H. Muhammad Hatta dan Ketua KPU H. Hafiz Ansyari juga gubernur dari provinsi tetangga Kalimantan Tengah, A. Teras Narangg.(*)

(T.KR-SHN/A019/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

KPU Kalsel siapkan penyelenggaraan pilkada ulang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar