Kualifikasi Piala Dunia 2022

Shin Tae-yong tetapkan 28 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022

Shin Tae-yong tetapkan 28 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pesepak bola Osvaldo Haay (ketiga kanan) mengoper bola ke arah rekannya dalam pertandingan uji ncoba internal pada latihan Timnas Senior Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ADITYA PRADANA PUTRA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Nanti di Dubai, setelah tidak puasa lagi, fisik mereka akan meningkat
Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong resmi menetapkan 28 pemain untuk menghadapi tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Juni 2021 dan dua pertandingan uji coba di Uni Emirat Arab (UEA).

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Rabu, nama-nama yang ditunjuk masih didominasi pemain berusia 22 tahun ke bawah. Bahkan Shin memutuskan untuk tak membawa gelandang Persija yang juga pemain terbaik Piala Menpora 2021 Marc Klok.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa ke-28 pemain tersebut dipilih langsung oleh Shin Tae-yong berdasarkan kesiapan fisik, taktik, teknik dan mental.

Baca juga: Shin panggil pemain muda agar timnas tetap termotivasi

"Setiap pelatih mempunyai selera untuk memilih pemain. Mari kita menghormati pilihan pelatih," ujar Iriawan.

Sementara Shin Tae-yong mengutarakan optimismenya soal performa pemain.

Meski saat ini kondisi Evan Dimas dan kawan-kawan belum 100 persen, juru taktik asal Korea Selatan itu yakin semuanya akan membaik seiring selesainya masa puasa.

"Masih ada waktu untuk mengembalikan fisik pemain. Nanti di Dubai, setelah tidak puasa lagi, fisik mereka akan meningkat. Yang paling penting kemauan dan kerja keras mereka sudah terlihat saat pemusatan latihan di Jakarta," kata Shin Tae-yong.

Timnas dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, ke Dubai, UEA, pada Senin (17/5) dini hari.

Dari total 28 pemain yang ikut ke UEA, 23 pemain berangkat dari Jakarta, sementara lima lainnya yaitu Elkan Baggott (bermain di Inggris), Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia) dan Ryuji Utomo (Malaysia) bertolak dari negara tempat mereka membela klub masing-masing.

Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni.

Baca juga: Shin beberkan kondisi pemain jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia

Skuad Garuda nantinya melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021.

Sebelum itu, timnas Indonesia akan menghadapi dua laga uji coba di UEA yaitu menghadapi Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei 2021.

Berikut 28 pemain timnas Indonesia yang dibawa Shin Tae-yong ke UEA.

Kiper: Nadeo Argawinata, M. Adi Satryo, Muchamad Aqil Savik.

Bek: Andy Setyo, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Ryuji Utomo, Nurhidayat Haji Haris, Elkan Baggott, Firza Andika, Pratama Arhan, Rifad Marasabessy, Asnawi Mangkualam Bahar, Koko Ari.

Gelandang: Evan Dimas, Ady Setiawan, Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, Genta Alparedo, Witan Sulaeman, Adam Alis, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri, Osvaldo Haay.

Penyerang: Kushedya Yudo, Muhammad Rafli, Saddam Gaffar, Braif Fatari.

Baca juga: Ketum PSSI minta pemain timnas Indonesia 'siap mati' di lapangan
Baca juga: Shin Tae-yong ingin timnas menangi tiga laga Kualifikasi Piala Dunia

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Memupuk prestasi olahraga di masa pandemi Covid-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar