Aliansi Umat Islam Jabar gelar aksi kutuk serangan Israel ke Palestina

Aliansi Umat Islam Jabar gelar aksi kutuk serangan Israel ke Palestina

Massa Aliansi Umat Islam Jawa Barat menggelar aksi di depan Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Indonesia harus tegas bukan hanya basa basi
Bandung (ANTARA) - Sejumlah orang yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam Jawa Barat menggelar aksi di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, mengutuk serangan yang dilakukan Israel ke Palestina akhir-akhir ini.

Penanggung Jawab Aksi Muhammad Roinul Balad mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk simpati terhadap saudara-saudara umat muslim di Palestina yang dianggap menerima pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Baca juga: MUI: Dunia harus kutuk dan hentikan tindakan tentara Israel

"Sampai hari ini nampaknya juga belum berakhir penganiayaan penghancuran kaum muslimin yang ada di Masjid Al Aqsa itu khususnya," kata Roinul.

Untuk itu, dengan aksi itu ia pun ingin menunjukkan keberpihakan umat muslim di Indonesia khususnya di Jawa Barat kepada Palestina.

Baca juga: 35 warga Palestina tewas di Gaza, 3 di Israel, saat serangan meningkat

Menurutnya, keberpihakan itu juga telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo yang telah menyatakan sikapnya. Sehingga hal ini menurutnya perlu menjadi perhatian bersama, mengingat serangan Israel itu merupakan tragedi kemanusiaan.

"Jangan lupa pula ini adalah bagian dari apa yang disepakati oleh Presiden Indonesia Joko Widodo, bahwa Presiden menyampaikan empatinya," kata dia.

Baca juga: Presiden tegaskan Indonesia mengutuk pengusiran paksa rakyat Palestina

Meski begitu, ia pun meminta pemerintah mengambil peranan penting untuk aktif menyampaikan di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait penolakannya terhadap serangan yang dilakukan Israel kepada Palestina.

"Indonesia harus tegas bukan hanya basa basi, bisa mengutus ke PBB untuk menyampaikan pemberhentian penyiksaan kepada kaum muslimin," katanya.

Baca juga: ACT Kalsel kumpulkan donasi Rp500 juta bantu Palestina

Baca juga: AWG kecam kekerasan di Kompleks Masjid Al Aqsa

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Aksi jalan kaki warga dari Donggala ke Palu tuntut huntap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar