Persik Menang WO Atas Persebaya

Persik Menang WO Atas Persebaya

Palembang (ANTARA News) - Persik Kediri dinyatakan menang "walkover" (WO) dengan skor 3-0 pada laga ulang Liga Super Indonesia 2009/2010 setelah Persebaya hingga Minggu pukul 15.30 WIB belum tiba di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

Sekretaris PT Liga Indonesia (LI), Tigor Salomboboy, menyatakan hal ini dalam sesi jumpa pers seusai wasit menyatakan pertandingan tidak dapat dilaksanakan. Pada acara ini dia didampingi Ketua Pengurus Provinsi PSSI Sumsel M.C. Baryadi dan Pelatih Persik Agus Yuwono.

"Sesuai dengan regulasi, tim yang tidak hadir, maka dinyatakan kalah dengan skor 3-0," kata Tigor.

Menurut dia, PT LI sudah melakukan pendekatan ke pihak Persatuan Sepak Bola Surabaya (Persebaya) untuk tetap hadir pada pertandingan ulang itu.

"Saya belum bisa memastikan langkah apa yang akan diambil PT LI terkait dengan laga hari ini tanpa Persebaya karena yang memutuskan adalah Direktur Badan Liga Indonesia Andi Darussalam," katanya.

Namun, lanjut dia, jika berpatokan dengan regulasi, maka Persebaya dinyatakan kalah 3-0.

Sementara itu, Pelatih Persatuan Sepak Bola Indonesia Kediri (Persik), Agus Yuwono, mengaku tidak merasa diuntungkan atas ketidakhadiran Persebaya pada laga itu.

"Hadir atau tidak hadirnya Persebaya kami juga sudah otomatis terdegradasi dari Liga Super," kata dia.

Menurut dia, yang dilakukan Persik dengan tetap datang ke Palembang meskipun sudah mengetahui sejak awal bahwa Persebaya tidak akan datang, hanyalah wujud rasa hormat terhadap regulasi PT Liga Indonesia.

"Saya bilang kepada anak-anak, bahwa kita harus datang ke Palembang meskipun sudah tahu Persebaya tidak bakal datang. Kami sudah buktikan, dengan berada di Stadion Jakabaring hingga menit-menit terakhir," ucap dia.

Pertandingan ulang Persik melawan Persebaya semula dijadwalkan digelar di Stadion Brawijaya Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/8).

Namun, pertandingan itu gagal dilaksanakan karena pihak panitia lokal menyatakan tidak sanggup menjamin keamanan pertandingan.

Pada awalnya pertandingan itu mendapatkan izin dari Polresta Kediri. Namun, beberapa hari sebelum pertandingan izin itu dicabut dengan alasan keamanan sehingga PT LI mengalihkan ke Stadion Jakabaring, Palembang, hari ini.

Persebaya menolak datang ke Palembang karena beranggapan Persik yang gagal menyelenggarakan pertandingan sebelumnya seharusnya sudah dinyatakan kalah WO.

Hasil akhir Liga Super Indonesia musim kompetisi 2009-2010 sebelum laga ulang Persik melawan Persebaya menempatkan tiga tim berada di peringkat terbawah, yakni Pelita Jaya dengan 39 poin dengan selisih gol -11 poin, disusul Persebaya dengan 36 poin dengan selisih gol -13, dan Persik dengan 36 poin dengan selisih gol -17.

Setelah Persik dinyatakan menang WO 3-0 atas Persebaya, maka angka yang ditorehkan Pelita Jaya tidak tergeser. Sementara, Persik berhasil menggeser Persebaya dengan membukukan 39 poin dan selisih gol -14, dan Persebaya terpaksa menjadi juru kunci dengan 36 dengan selisih gol -13.

Artinya, yang tetap menjalani babak "playoff" melawan Persiram Raja Empat (Divisi Utama) adalah Pelita Jaya.(*)

(ANT-039/D007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar