Polda Metro Jaya terapkan filterisasi di malam takbiran

Polda Metro Jaya terapkan filterisasi di malam takbiran

Kapolda metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (tengah) memberikan pemaparan kesiapan personel dalam pengamanan malam takbiran di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/5/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menerapkan filterisasi pada malam Idul Fitri 1442 Hijriah di sejumlah rute dan titik untuk mencegah kerumunan akibat takbiran keliling.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Rabu, mengatakan filterisasi dilaksanakan mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

"Kita melaksanakan pola filterisasi kendaraan, dimana apabila kita menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbiran keliling diberikan pengarahan, diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing," kata Fadil.

Apabila filterisasi dinilai kurang efektif menekan kerumunan, maka Polda Metro Jaya menerapkan "Crowd Free Night" mulai pukul 22.00 WIB.

"Semua yang tidak ada kepentingan di jalan dan tidak dapat menunjukkan alasan yang tepat dan dapat menimbulkan kerumunan langsung ditindak untuk kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Dalam pelaksanaan dua kegiatan tersebut sebanyak 1.024 personel gabungan Polda Metro Jaya-Kodam Jaya serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan.

Adapun titik-titik filterisasi kendaraan dan "Crowd Free Night"malam ini sebagai berikut:

-Jalan Sudirman
-Jalan Thamrin
-Bundaran Patung Kuda
-Jalan Harmoni
-Jalan Veteran
-Jalan Gambir
Baca juga: 1.024 personel gabungan disiagakan untuk cegah takbiran keliling
Baca juga: Polres Metro Jakut ancam tindak warga yang takbiran keliling

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polda Metro terapkan pembatasan mobilitas pada 10 lokasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar