1.300 personel gabungan dikerahkan antisipasi takbir keliling

1.300 personel gabungan dikerahkan antisipasi takbir keliling

Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbir Idul Fitri di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (12/5/2021). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.300 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat dikerahkan untuk melakukan patroli pengamanan mengantisipasi takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sebelum patroli, apel pasukan digelar di Lapangan Silang Monas pada Rabu yang dipimpin Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengky Haryadi. Hadir dalam apel itu Dandim 0501 Jakarta Pusat Kolonel Inf. Lukman Arief dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi bersama para personil untuk ditempatkan di sejumlah titik yang berpotensi terjadinya kegiatan takbir keliling.

"Sore ini kita melaksanakan apel pasukan untuk mengecek kesiapan petugas di lapangan. Kita ketahui jika sesuai anjuran pemerintah dan MUI tidak diizinkan untuk melaksanakan takbir keliling," kata Hengki usai melaksanakan Apel Pengamanan Malam Takbir di Lapangan Monas, Jakarta Pusat.

Dalam pelaksanaan pengamanan, Hengki mengimbau kepada petugas untuk melakukan pendekatan yang tegas, namun tetap humanis dalam rangka menertibkan masyarakat jika terjadi kerumunan.

Baca juga: Polda Metro Jaya terapkan filterisasi di malam takbiran
Baca juga: 1.024 personel gabungan disiagakan untuk cegah takbiran keliling


Menurut dia, takbir keliling yang berpotensi memicu kerumunan merupakan kegiatan yang berbahaya, mengingat pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

"Malam ini, kita akan sekuat tenaga. Kita harus tegas humanis agar tidak terjadi kerumunan," kata Hengki.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan pihaknya melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan bersinergi melakukan pengamanan malam takbir.

"Hal hal yang berpotensi kerumunan kita akan antisipasi termasuk PMKS, kita berkoordinasi dengan dinas sosial untuk melakukan antisipasi, karena biasanya kalo malam takbir banyak," kata Dhany.
Baca juga: Polres Metro Jakut ancam tindak warga yang takbiran keliling

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pantauan udara Bundaran HI di malam takbir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar