Kapolda Jabar pastikan tidak ada takbiran keliling malam Idul Fitri

Kapolda Jabar pastikan tidak ada takbiran keliling malam Idul Fitri

Arus lalu lintas lengang di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/5/2021). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jadi artinya hampir tidak ada mereka yang melaksanakan takbir keliling
Bandung (ANTARA) - Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Pol Ahmad Dofiri memastikan di malam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah ini tidak ada kegiatan takbiran keliling yang dilakukan masyarakat di Kota Bandung.

"Saya pantau dari mulai habis Isya tadi sampai dengan sekarang relatif di jalan juga sangat lengang, jadi artinya hampir tidak ada mereka yang melaksanakan takbir keliling," kata Ahmad Dofiri, di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Adapun dirinya memastikan hal tersebut, setelah berkeliling melakukan pemantauan di wilayah Kota Bandung dengan menggunakan sepeda motor.

Menurutnya, takbiran keliling sebelumnya memang telah dilarang, karena berpotensi menciptakan kerumunan yang dapat memperluas penyebaran COVID-19.

Masyarakat, kata dia, bisa melakukan takbiran di tempatnya masing-masing seperti di masjid dan di mushalla dengan tidak melakukan konvoi atau pawai bergerombol.

Dia berharap hingga tengah malam nanti tidak ada kegiatan takbiran keliling yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga kegiatan Idul Fitri hari Kamis (13/4), menurutnya akan berjalan kondusif.

"Kita harapkan sama-sama ikuti anjuran dari pemerintah, dan mudah-mudahan tetap kondusif sampai dengan besok Shalat Idul Fitri," kata Dofiri.

Pada malam Idul Fitri tahun ini sejumlah jalan raya di Kota Bandung dilakukan penutupan untuk meminimalisir kerumunan masyarakat, termasuk mencegah adanya kegiatan takbiran keliling.
Baca juga: Sejumlah jalan raya di Bandung mulai ditutup pada malam Idul Fitri
Baca juga: Objek wisata di dua zona merah Jabar ditutup saat Lebaran

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kapolda Jabar dicopot, ini komentar Ridwan Kamil

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar