Jakarta (ANTARA) - Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis pukul 06.31 WIB dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pantauan ANTARA di lokasi, sebagian jamaah menempati teras masjid karena ruang shalat utama dan selasar kanan dan kiri lantai dua masjid sudah penuh.

Jarak shaf antara jamaah satu dengan yang lain dibuat renggang satu setengah meter. Hal itu untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 melalui kontak langsung.
Jamaah menggelar sajadah yang dibawa dari rumah di atas teras Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari saat melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Sejak pukul 06.00 WIB, jamaah sudah mulai mendatangi masjid. Takbir mengiringi langkah kaki ketika berjalan masuk ke dalam masjid.

Pukul 06.20 WIB, sejumlah jamaah sudah mulai memenuhi ruang shalat utama di lantai dua. Sejumlah aparat berbaju TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sigap mengarahkan jamaah yang baru datang ke masjid untuk membentuk shaf baru di selasar kanan dan kiri dan di teras masjid.

Baca juga: Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat gelar Shalat Id jam 07.00 WIB
Baca juga: Jamaah Masjid KH Hasyim Asy'ari patuhi protokol kesehatan
Jamaah duduk berjarak di selasar bagian barat Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari saat melaksanakan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Tampak di tangan mereka membawa "handy talky" (HT) untuk berkomunikasi satu sama lain.

Pukul 06.49 WIB, seorang jamaah di dekat mimbar memberi aba-aba agar segera memulai shalat.
Seorang anggota berbaju TNI membuka shaf di teras Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari saat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (13/5/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari pun dimulai sepuluh menit lebih awal dari jadwal semula pukul 07.00 WIB.

Sebagian jamaah masih memakai masker di wajah mereka ketika Imam Shalat mengucapkan takbir "Allahu Akbar".

Shalat dilakukan dua rakaat dengan rakaat pertama diawali takbir sebanyak tujuh kali dan rakaat kedua diawali takbir sebanyak lima kali.

Pukul 06.53 WIB, Shalat Id pun selesai dilaksanakan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021