Pemerintah jamin aman stok bahan bakar nasional selama libur Lebaran

Pemerintah jamin aman stok bahan bakar nasional selama libur Lebaran

Ilustrasi - Dua orang petugas melakukan pengisian bahan bakar ke truk tangki untuk didistribusikan di Depot BBM UnitnPemasara III Cikampek, Jawa Barat. FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo/ed/Spt/pri.

Ketahanan stok nasional untuk premium mencapai 27,9 hari, pertamax 24,7 hari, dan solar 21,3 hari. Sedangkan ketersediaan elpiji mencapai 15 hari, minyak tanah 80,6 hari, dan avtur cukup untuk 76,3 hari
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM menjamin ketersediaan stok nasional untuk bahan bakar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur Lebaran.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Tutuka Ariadji dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan berdasarkan data real time jumlah pasokan bahan bakar minyak dan elpiji masih menunjukkan kategori aman.

"Ketahanan stok nasional untuk premium mencapai 27,9 hari, pertamax 24,7 hari, dan solar 21,3 hari. Sedangkan ketersediaan elpiji mencapai 15 hari, minyak tanah 80,6 hari, dan avtur cukup untuk 76,3 hari," kata Tutuka Ariadji.

Dia menjelaskan secara umum kondisi stok dan penyaluran bahan bakar minyak selama Ramadhan dan libur Lebaran naik 9,2 hari dari rata-rata normal. Adapun penyaluran elpiji naik 2,5 hari dari kondisi normal dan penyaluran avtur naik 1,4 hari dari rata-rata stok normal.

Pemerintah melalui Badan Usaha Milik Negara di sektor energi PT Pertamina (Persero) melakukan berbagai upaya untuk menjamin kecukupan energi bagi masyarakat, di antaranya meningkatkan stok dan volume penyaluran bahan bakar sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat.

Pertamina mencatat penyaluran gasoline naik 8,0 persen, diesel naik 2,0 persen, elpiji naik 5,4 persen, dan avtur turun 3,8 persen dibanding rata-rata normal.

Saat ini total SPBU yang disiagakan berjumlah 7.469 terdiri dari 3.608 unit di Pulau Jawa dan 3.861 di luar Jawa dengan teknologi pembayaran nontunai. Sedangkan jumlah SPBBE yang disiagakan sebanyak 667 unit di mana agen PSO mencapai 4.152 unit dan non PSO 820 unit.

Pertamina juga menyediakan layanan avtur di 68 DPPU dan menjaga ketersediaan pelumas di SPBI dan sarfas distribusi, seperti 114 TBBM dan 23 TLPG.

Dalam melayani kebutuhan masyarakat, Pertamina menyediakan layanan tambahan bahan bakar minyak dan elpiji, seperti 148 unit mobil tangki siaga, 23 unit Pertashop, 193 motorist, dua titik mobile fuel dispenser, dan 48.207 titik agen elpiji serta outlet elpiji siaga.

Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM Idul Fitri aman

Baca juga: Dirut Pertamina pantau pasokan BBM pascakebakaran Balongan

Baca juga: Menteri ESDM: Terminal BBM Labuan Bajo tingkatkan ketahanan stok BBM

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Diduga mengandung mineral ikutan lainnya, Kementerian ESDM tunda eksporĀ 200 ton zirkon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar