Menpora semangati atlet yang tidak bisa mudik Lebaran

Menpora semangati atlet yang tidak bisa mudik Lebaran

Dokummentasi - Menpora Zainudin Amali (kanan) didampingi Ketua National Olympic Committee (NOC) Raja Sapta Oktohari memberikan keterangan kepada wartawan usai rapat koordinasi pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 di Jakarta, Jumat (30/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan semangat kepada para atlet yang tidak bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga pada Lebaran tahun ini yang masih berlangsung dalam situasi pandemi COVID-19.

Menurut Zainudin, meskipun tidak mudik, para atlet bisa bersilaturahmi menggunakan aplikasi-aplikasi temu virtual.

“Tradisi silaturahmi saat Lebaran itu sebagai pengungkapan rasa bahagia. Tapi kan sekarang ini masih dalam suasana pandemi COVID-19 sehingga belum memungkinkan untuk bertemu sanak saudara seperti saat normal,” kata Zainudin kepada Antara di Jakarta, Kamis.

“Sekarang kan bisa silaturahmi secara virtual, itu pun tidak mengurangi makna kita merayakan Idul Fitri,” sambung dia.

Baca juga: Tak mudik, bek Persib Zalnando manfaatkan teknologi untuk silaturahmi
Baca juga: Tidak mudik, Mohammad Ahsan kangen suasana Lebaran di kampung halaman


Sejumlah atlet pelatnas tidak bisa mudik dan mendapat jatah libur Lebaran karena masih harus latihan sebagai persiapan menuju berbagai kejuaraan olahraga pada tahun ini.

Pelatnas angkat besi, misalnya, Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Indonesia (PB PABSI) tidak mengizinkan para atletnya pulang ke kampung halaman karena ada agenda besar di depan mata, termasuk Olimpiade 2020 Tokyo dan SEA Games 2021 Vietnam.

“Lebaran tidak ada atlet yang pulang, aturannya memang seperti itu karena kami memang banyak persiapan (kejuaraan),” kata Manajer Tim Angkat Besi Indonesia Pura Darmawan.

“Intinya kami tidak mau terputus dan juga harus menjaga kondisi anak-anak karena kami tahu kalau pulang ke rumah berisiko, baik dari sisi latihan maupun berat badan,” kata dia menambahkan.

Demikian juga pelatnas bulu tangkis di Cipayung. Sejumlah atlet tidak bisa berkumpul bersama keluarga pada Idul Fitri karena selain harus tetap latihan, sebagian dari mereka juga harus bertolak ke luar negeri untuk mengikuti turnamen.

Tim bulu tangkis Indonesia dijadwalkan terbang menuju Spanyol pada Sabtu (15/5) untuk mengikuti Spain Masters 2021 yang digelar di Kota Huelva, Spanyol, 18-23 Mei.

Baca juga: Pelatnas angkat besi tidak mudik, tetap latihan
Baca juga: Apriyani turuti kata orang tua untuk tidak mudik, walau kangen berat

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenpora sosialisasi percepatan pembangunan sepak bola nasional di Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar