Khatib Shalat Id di Aceh ajak masyarakat lawan pandemi COVID-19

Khatib Shalat Id di Aceh ajak masyarakat lawan pandemi COVID-19

Jamaah shalat Idul Fitri 1442 Hijriah memadati Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (13/5/2021). ANTARA/M Haris SA.

Mari kita lawan pandemi COVID-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan
Banda Aceh (ANTARA) - Khatib Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 H di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Abrar Zym mengajak masyarakat melawan pandemi COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Mari kita lawan pandemi COVID-19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, kita telah menyelamatkan saudara-saudara kita dari virus berbahaya tersebut," kata H Abrar Zym di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: Arus lalu-lintas malam lebaran di Banda Aceh padat

Pernyataan tersebut disampaikan H Abrar Zym dalam Khutbah Shalat Id di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Shalat diikuti ribuan warga Banda Aceh dan sekitarnya berlangsung khidmat.

Adapun Imam shalat sunat tersebut Tgk H Jamhuri. Jamaah shalat meluber hingga taman masjid kebanggaan masyarakat Aceh tersebut. Bahkan ada yang shalat di badan jalan luar Masjid Raya Baiturrahman.

Baca juga: Bertambah 32 orang, warga Aceh sembuh COVID capai 10.183 orang

Dalam shalat tersebut, sebagian kecil jamaah tidak mengenakan masker. Padahal, sebelum masuk komplek masjid tersebut, petugas membagikan masker bagi yang tidak membawanya.

Shalat id tersebut juga tidak mengatur jarak seperti ditetapkan dalam protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Khatib mengatakan saat ini bukan waktunya lagi saling berdebat, apakah COVID-19 itu ada atau tidak. Pandemi COVID-19 bukan ilusi, tetapi nyata yang sedang dihadapi seluruh negara di dunia.

Baca juga: Polda Aceh: 22 pemudik tes COVID-19 di perbatasan, seorang reaktif

"Pandemi COVID-19 ini merupakan cobaan Allah SWT. Hampir semua negara di dunia ini kehilangan akal mengatasi pandemi COVID-19. Negara besar seperti Amerika Serikat kehilangan kedigdayaan menghadapi COVID-19," kata H Abrar Zym.

Oleh karena itu, Khatib mengajak masyarakat jangan melahirkan masalah, tetapi menjadi solusi di tengah upaya pemerintah memutuskan mata rantai penyebaran dan penyebaran COVID-19.

"Kita jangan menjadi penonton. Jadilah orang yang aktif mencegah penularan COVID-19. Caranya dengan mematuhi kebijakan pemerintah, seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan, dam sering mencuci tangan. Termasuk mematuhi larangan mudik," kata Abrar Zym.

Baca juga: Polda Aceh semprot disinfektan Masjid Raya untuk cegah COVID-19

Kendati tidak mudik, kata Khatib, silaturahim tetap bisa dilakukan secara virtual. Sebab, tidak ada gunanya silaturahim dengan bertatap muka, tetapi menyebarkan virus kepada orang lain.

"Mari kita merayakan Idul Fitri, menebar kebaikan dengan menyelamatkan saudara-saudara kita dari pandemi COVID-19. Selalu memakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Silaturahim bisa dilakukan secara virtual, tidak harus tatap muka," kata H Abrar Zym.

Baca juga: Ribuan umat Islam di Nagan Raya Aceh sudah rayakan Idul Fitri

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

90 pemuda Aceh dilatih jadi kader pengawas pemilu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar