Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi terjadinya hujan disertai kilat/petir dan/atau angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia, Jumat.

Berdasarkan informasi peringatan dini yang diunggah BMKG dalam laman www.bmkg.go.id, sejumlah wilayah yang diperkirakan terjadi hujan disertai petir dan/atau angin kencang pada hari ini yakni:

Aceh, meliputi wilayah Subulussalam, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Nagan Raya, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Pidie Jaya, Bener Meriah dan sekitarnya.

Bangka Belitung, meliputi Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Kab. Bangka, Kab. Bangka Selatan, dan Belitung.

Bengkulu, di wilayah Bengkulu.

Gorontalo, di wilayah Popayato, Atinggola, Kwandang, Sumalata, Asparaga, Boliyohuto, Kota Gorontalo, Sumawa, Kabila Bone, Bone Raya, Pinogu dan sekitarnya.

Jambi, di Kab. Bungo, Kab. Merangin, Kab. Sarolangun, Kab. Kerinci, dan Kota Sungai Penuh.

Kalimantan Barat, di Kapuas Hulu, Sintang, Sekada.

Kalimantan Selatan, di wilayah Kab. Balangan, Tabalong serta siiang dan sore hari di wilayah Kab. Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Kalimantan Tengah, di wilayah Kalimantan Tengah.

Kalimantan Timur, di wilayah Bengalon.

Kalimantan Utara, di wilayah Tarakan, Tana Tidung, Peso, Sekatak, Peso Hilir, Malinau Selatan Hilir, Malinau Selatan, Malinau Selatan Hulu, Pujungan, Kayan Hilir, Krayan Selatan, Sungai Boh, Lumbis, dan sekitarnya.

Lampung, di wilayah Lambar, Pesibar, Balam, Pesawaran pada siang dan sore hari.

Riau, di sebagian wilayah Kab. Indragiri Hilir pada malam hari.

Sulawesi Barat, di wilayah Sulawesi Barat.

Sulawesi Selatan, di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sulawesi Tengah, di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sulawesi Tenggara di wilayah Konawe Utara, Konawe Selatan,Konawe Kepulauan, dan Kendari.

Sumatera Barat, di wilayah Kep. Mentawai, Pasaman, Lima Puluh Kota, Pasaman Barat, Kab. Solok, Pesisir Selata, Solok Selatan, dan sekitarnya.

Sumatera Selatan, di wilayah PALI, Banyuasin, Palembang, Musi Banyuasin, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Empat Lawang dab Muara Enim, Muara Enim, Musi Rawas Utara, Empat Lawang, Banyuasin dan Palembang.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,6 guncang Sulawesi Utara
Baca juga: BMKG perkirakan Aceh diguyur hujan lebat hari pertama Idul Fitri
Baca juga: Cuaca DKI Jakarta hujan ringan pada H-1 Lebaran

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021