Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Berdasarkan data resmi Pusat Informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tercatat jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 2.978 orang dari akumulasi 3.342 kasus.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat mengatakan, 2.978 orang itu termasuk 55 orang yang dinyatakan sembuh hari ini setelah menjalani proses pemulihan kesehatan.

"Angka kesembuhan puluhan orang tersebut merupakan progres yang baik dibandingkan hari sebelumnya dimana angka aktif lebih dominan," jelas Boy Yandra.

Baca juga: Pasien RSD Wisma Atlet sembuh COVID-19 capai 81.037 orang

Dia berharap pasien sembuh semakin bertambah dan angka pasien aktif terus menurun meskipun 309 orang masih menjalani isolasi dan karantina baik yang disediakan pemerintah daerah maupun isolasi mandiri termasuk perawatan kesehatan di sejumlah rumah sakit di daerah setempat.

Menurutnya, dari 309 orang yang menjalani isolasi berasal dari Kecamatan Sungailiat sebanyak 153, Pemali 98 orang, Belinyu 30 orang serta Mendo Barat 22 orang. Paparan kasus terbanyak kata Boy Yandra pada kelompok usia 20 sampai 40 tahun dengan jenis kelamin perempuan.

"Ribuan pasien sembuh berasal dari semua wilayah kecamatan dengan jumlah terbanyak dari Kecamatan Sungailiat mencapai 1.343 orang sembuh dari total kasus 1.496 orang serta 25 pasien COVID-19 meninggal dunia," katanya.

Untuk memaksimalkan pelayanan perawatan bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi kata dia, pemerintah daerah menambah tempat tidur di mes Melati dari 14 menjadi 30 tempat tidur.

"Saya ingatkan seluruh masyarakat tetap meningkatkan disiplin protokol kesehatan dengan benar agar angka sebaran kasus dapat segera diminimalisir dan kembali ke zona aman," ujarnya.

Baca juga: Satgas COVID-19 Papua Barat sebut pasien sembuh bertambah 28 orang
Baca juga: Bertambah 32 orang, warga Aceh sembuh COVID capai 10.183 orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021