Cincinnati, Ohio (ANTARA News) - Jelena Jankovic dan Kim Clijsters berusaha tampil kuat pekan ini untuk meningkatkan performa di AS terbuka, Grand Slam terakhir musim ini, yang akan dimulai pada akhir bulan.

Jankovic, peringkat dua dunia dan juara bertahan, adalah unggulan teratas sementara Clijsters unggulan keempat pada turnamen lapangan keras WTA berhadiah dua juta dolar AS yang dimulai Senin.

Jankovic tampil setelah mengalami kekalahan pada putaran pertama di San Diego, pertandingan pertamanya sejak cedera pergelangan kaki pada putaran kedua turnamen Slovenia pada pertengahan Juli.

"Pergelangan kaki saya oke," kata Jankovic, yang juga harus mengundurkan diri dari pertandingan putaran keempat di Wimbledon karena masalah punggung bawah.

"Saya sudah bisa berlatih pada beberapa hari terakhir. Sekarang, rasanya baik. Saya menanti untuk kembali bermain."

Mantan peringkat satu, yang menikmati bye pada putaran pertama itu, dijadwalkan bermain melawan petenis kualifikasi Vera Dushevina pada putaran kedua.

Dushevina maju dengan kemenangan dua set langsung, mengalahkan Anastasia Rodionova 6-2, 7-6 (9/7).

Rekan senegara Jankovic Ana Ivanovic kehilangan set pertama dan tertinggal 2-4 pada set kedua tetapi bangkit untuk mengalahkan unggulan sembilan Victoria Azarenka 2-6, 7-6 (8/6), 6-2.

Melambung oleh kemenangannya pada "tiebreak" set kedua, Ivanovic mematahkan servis Azarenka pada game pertama set ketiga dan sejak itu melaju.

Ia memastikan kemenangan dengan "challange" (meminta tayangan ulang untuk memastikan bola masuk atau keluar menggunakan sistem Hawk-Eye) yang berhasil pada match point.

Clijsters, juara bertahan AS Terbuka, juga mendapat bye pada putaran pertama.

Petenis Belgia itu akan bertemu peringkat 35 Dinara Safina pada putaran kedua yang merupakan pertandingan ulang perempat final tahun lalu.

Safina, yang mengalahkan Clijsters dua set langsung pada turnamen yang sama tahun lalu, maju dengan kemenangan 7-5, 6-4 atas Roberta Vinci.

Clijsters belum pernah memainkan satu turnamen pun sejak kalah di perempat final Wimbledon, meskipun ia bermain pada "World Team Tennis" dan ganda.

"Sudah cukup lama," katanya. "Saya menanti untuk memainkan pertandingan. Tidak masalah melawan siapa."

Pada pertandingan putaran pertama lainnya, petenis kualifikasi Bojana Jovanovski bangkit untuk mengalahkan unggulan 14 Aravane Rezai 4-6, 6-3, 6-4.

Kekalahan pada putaran pertama adalah yang kedua berturut-turut bagi Rezai, yang juga kalah di putaran pertama San Diego.

Jovanovski, peringkat 98, akan bertemu Akgul Amanmuradova pada putaran kedua. Amanmuradova melaju mengungguli Kimiko Date Krumm 6-1, 6-2 pada pertandingan antar petenis kualifikasi.

Shahar Peer menjadi pemain unggulan pertama yang maju dengan kemenangan ketika Olga Govortsova tidak melanjutkan pertandingan ketika Peer memimpin 6-3, 4-1.

Peer akan bertemu Nuria Llagostera Vives, pemenang 3-6, 6-3, 6-1 atas Vania King.

Sara Errani melangkah ke babak berikutnya dengan kemenangan 6-4, 6-2 atas Jamie Hampton.

Unggulan 16 Marion Bartoli dari Prancis menyusul Peer ke putaran kedua, dengan menyisihkan Anabel Medina Garrigues 6-4, 6-0.

Bartoli akan menghadapi Alona Bondarenko pada putaran kedua. Bondarenko bangkit untuk menang 3-6, 6-2, 6-3 atas Dominika Cibulkova.(*)

AFP/F005/A008

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010