BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di sebagian wilayah

BMKG keluarkan peringatan dini hujan lebat di sebagian wilayah

Prakiraan Curah Hujan Dasarian II Mei 2021. ANTARA/HO-BMKG/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia, pada Sabtu.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Sabtu, disampaikan sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Bengkulu yang membentuk daerah konvergensi di Kepulauan Mentawai hingga Jambi.

Kemudian di Selat Makassar bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Laut Halmahera bagian utara dan Laut Cina Selatan sebelah utara Kalimantan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Kepulauan Mentawai hingga Sumatera Utara, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, dari Teluk Cendrawasih hingga Papua Barat dan dari Papua bagian timur hingga Papua bagian barat.

BMKG menyampaikan, kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi itu.

Disebutkan, provinsi yang berpotensi hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang, yakni Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara.

Kemudian, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Hujan lebat diprakirakan melanda beberapa daerah di Indonesia

Baca juga: Sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan hujan ringan

Baca juga: BMKG prakirakan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden buka Rakorbangnas BMKG 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar