Jakarta (ANTARA) - West Ham United bakal mengusung misi menjaga asa finis di empat besar klasemen ketika tampil dalam rangkaian jadwal Liga Inggris pekan ke-36 yang berlanjut Sabtu malam ini.

Satu dari tiga pertandingan pekan ke-36 yang sudah dimainkan hingga Sabtu dini hari tadi cukup memberi keuntungan bagi West Ham dalam upaya mengejar empat besar.

Pertandingan yang dimaksud adalah kemenangan 1-0 yang dibukukan Arsenal atas Chelsea di Stamford Bridge pada Kamis (13/5) WIB lalu.

Dengan hasil tersebut, Chelsea gagal memperlebar jarak empat poin dari West Ham, walaupun belakangan tim besutan David Moyes itu harus disalip Liverpool yang memenangi laga tundanya. Akibatnya, The Hammers turun ke posisi keenam, tetapi peluang empat besar masih terbuka.

Syaratnya, West Ham wajib menang saat melawat ke Stadion Amex menghadapi Brighton, Sabtu malam ini.

Itu bukanlah tugas yang mudah, mengingat Brighton mampu mencuri satu poin dari markas West Ham dalam pertemuan pertama musim ini yang berakhir imbang 2-2 pada rangkaian laga Boxing Day.

Baca juga: David Moyes siap bawa West Ham ke Liga Champions
Baca juga: Lingard kawinkan gelar Pemain Terbaik dan Gol Terbaik April


Tapi setidaknya ada satu hal yang membedakan situasi jelang laga kali ini dan pertemuan pertama West Ham kontra Brighton, yakni kehadiran Jesse Lingard, pemain pinjaman dari Manchester United.

Lingard baru saja menyabet gelar Pemain Terbaik bulan April lewat torehan empat gol dan satu assist. Salah satu golnya, yang ia lesakkan ke gawang Wolverhampton, bahkan dinobatkan sebagai Gol Terbaik Liga Premier bulan April.

Kontribusi positif Lingard sejak datang di pengujung Januari jelas diharapkan bisa terus mendorong peruntungan West Ham yang masih berpeluang ke empat besar.

Sebelum laga Brighton vs West Ham, dua pertandingan pekan ke-36 lainnya yang akan dimainkan, yakni Burnley kontra Leeds United dan Southampton melawan Fulham.

Di atas kertas, masing-masing laga itu hanyalah memperebutkan tiga poin, sebab Fulham sudah terdegradasi, Southampton dan Burnley sudah selamat, sedangkan peluang Leeds ke Eropa amatlah rumit serta terlalu banyak syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Diimbangi Villa, Ancelotti target Everton sapu bersih tiga laga sisa
Baca juga: Klopp bilang tiga poin perdana di Old Trafford datang tepat waktu


Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-36 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Rabu (12/5) dini hari
Manchester United 1 - Leicester City 2 (Mason Greenwood 15'; Luke Thomas 10', Caglar Soyuncu 66') Baca juga: Ole Gunnar Solskjaer konfirmasi cedera ligamen Harry Maguire

Kamis (13/5) dini hari
Chelsea 0 - Arsenal 1 (Emile Smith-Rowe 16') Baca juga: Thomas Tuchel: kekalahan dari Arsenal adalah salah kami sendiri

Sabtu (15/5) dini hari
Newcastle United 3 - Manchester City 4 (Emil Krafth 25', Joelinton p-45+6', Joe Willock 62'; Joao Cancelo 39', Ferran Torres 42', 64', 66') Baca juga: Guardiola sebut gelar Liga Inggris musim ini juara tersulitnya

Sabtu (15/5) malam s.d. Minggu (16/5) dini hari
18.30 Burnley vs Leeds United
21.00 Southampton vs Fulham
02.00 Brighton & Hove Albion vs West Ham United

Minggu (16/5) malam s.d. Senin (17/5) dini hari
18.00 Crystal Palace vs Aston Villa
20.05 Tottenham Hotspur vs Wolverhampton
22.30 West Bromwich Albion vs Liverpool Baca juga: Klopp lelah dengan gorengan media atas reaksi Mane
01.00 Everton vs Sheffield United

Klasemen Liga Inggris

keterangan:
J - sudah juara
D - sudah terdegradasi
blok warna - sudah memastikan finis di area berwarna sama 
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021