Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes menunda konferensi pers yang sangat dinanti-nantikan hingga 3 Juni 2021, demikian dikutip Variety pada Sabtu.

Alasan perubahan tanggal tersebut disebabkan karena banyaknya film yang telah dikirimkan ke festival Cannes. Seleksi Resmi, khususnya kompetisi, diharapkan lebih besar dari biasanya.

Pada tahun-tahun sebelum masa pandemi, saat festival berlangsung di Mei, daftar film diumumkan satu bulan sebelum dimulainya acara.

Penyelenggaraan Cannes masih sesuai jadwal yakni pada 6 Juli 2021 dengan pemutaran perdana film musikal karya Leos Carax berjudul "Annette" yang dibintangi oleh Adam Driver dan Marion Cotillard.

Cannes edisi 2021 seharusnya tidak kekurangan film dan bintang utama. Sejauh ini, dua film yang telah dikonfirmasi untuk mengikuti kompetisi adalah "Annette" dan film thriller karya Paul Verhoeven "Benedetta".

Beberapa film yang dipertimbangkan untuk masuk dalam kompetisi ini termasuk drama Sean Penn "Flag Day" di mana aktor-sutradara dibintangi bersama anak-anaknya Dylan Penn, dan Hopper Penn serta Josh Brolin dan Miles Teller.

Film lain yang kemungkinan akan hadir dalam kompetisi Cannes mencakup "The Power of The Dog" dari Jane Campion.

Sementara itu, daftar artis internasional yang diharapkan kembali hadir di Cannes adalah Jacques Audiard ("Dheepan") dengan "Paris, 13th District", Asghar Farhadi ("The Salesman") dengan drama berbahasa Farsi "A Hero", Nanni Moretti ("Mia Madre") dengan "Three Floors" yang dibintangi juga oleh Riccardo Scamarcio, Julia Ducournau ("Raw") dengan drama horor "Titane", Emmanuelle Bercot ("Standing Tall") dengan "De Son Vivant", Mia Hansen-Løve dengan "Pulau Bergman", Kirill Serebrennikov ("Leto") dengan “Petrov’s Flu.”

Seperti yang diumumkan sebelumnya, Spike Lee akan bertindak sebagai kepala juri dalam kompetisi Cannes. Festival ini akan berakhir pada 17 Juli.


Baca juga: Spike Lee terpilih jadi presiden juri Festival Film Cannes 2021

Baca juga: Festival Film Cannes tahun ini ditunda

Baca juga: Festival Film Cannes "mini" akan berlangsung 27-29 Oktober

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021