kita tutup dulu menunggu sampai ada yang keluar
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) membatasi pengunjung hanya 18.000 orang saja pada H+2 Lebaran 1442 Hijriah sehingga petugas akan menutup gerbang apabila kapasitas sudah terpenuhi.

"Kapasitas normal 60.000 orang, namun karena ada pembatasan maka yang diperkenankan masuk hanya 18.000, setelah itu akan kita tutup dulu menunggu sampai ada yang keluar," kata Kepala Humas TMII, Adi Wibowo, di TMII, Jakarta Timur, Sabtu.
Tempat cuci tangan disediakan pengelola TMII di setiap sudut kawasan (ANTARA Anisyah Rahmawati)

Adi juga menyampaikan seluruh wahana di TMII dibuka dari jam 08.00  sampai 18.00 WIB termasuk anjungan daerah dan museum kecuali Istana Anak yang sedang renovasi dan wahana Waterpark Snowbay yang sejak awal pandemi tutup.

"Baru jam 11.45 WIB belum ada 2.000 yang keluar dari TMII, biasanya sekitar jam 14.00 sampai sore baru banyak yang keluar. Karena sudah 30 persen pengunjung maka untuk saat ini pintu satu dan tiga ditutup," kata Kepala seksi Informasi TMII, Mayang.

Baca juga: Hari kedua Lebaran, pengunjung piknik di TMII

Untuk mengantisipasi pengunjung dari kerumunan, petugas pusat informasi TMII dibantu Satgas COVID-19 selalu memberikan imbauan kepada masyarakat.

Tak hanya itu petugas gabungan juga rutin berpatroli untuk mengingatkan pengunjung untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak.

Di dalam TMII juga disiapkan posko kesehatan dan posko keamanan. Lantas di setiap pintu masuk wahana pengunjung wajib bermasker, mencuci tangan dan di cek suhu.
Petugas dari Brimob diperbantukan untuk memantau penerapan protokol kesehatan, Sabtu (15/5/2021). ANTARA/Anisyah Rahmawati.

Terdapat petugas keamanan gabungan dari TNI, Polisi, Dishub dan Satpol PP yang berjumlah 200 personel setiap harinya untuk menjaga keamanan dan juga menerapkan protokol kesehatan, jelas Mayang.

Baca juga: TMII batasi pengunjung hanya 30 persen saat libur Lebaran

 

Pewarta: Anisyah R./Ganet D.
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021