Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menjadi yang tercepat di sesi latihan ketiga (FP3) Grand Prix Prancis ketika hujan membasahi trek Sirkuit Bugatti, Le Mans, Sabtu.

Marquez, yang masih menjalani pemulihan pascacedera tulang humerus, mencatatkan waktu 1:40,736 mengungguli pebalap Aprilia Lorenzo Savadori dengan margin 0,613 detik.

Pemuncak klasemen sementara Francesco Bagnaia finis P3 dengan selisih 0,716 detik.

Baca juga: Tampil kompetitif di Le Mans, Espargaro terbantu hasil tes Jerez
Baca juga: MotoGP batalkan balapan di Finlandia, tambahkan GP Styria ke kalender


Dengan kondisi trek yang kurang bersahabat, tidak ada pebalap yang mampu memperbaiki catatan waktunya di sesi latihan ketiga.

Hal itu berarti sepuluh pebalap teratas di catatan waktu kombinasi setelah FP2 berhak lolos langsung ke babak kualifikasi kedua (Q2), demikian laman resmi MotoGP.

Sementara Q1 akan diramaikan oleh sejumlah nama besar seperti duet tim Suzuki Alex Rins dan Joan Mir, bersama Bagnaia, Aleix Espargaro (Aprilia), dan Alex Marquez (LRC Honda) yang bakal memperebutkan dua tiket ke Q2.

Kondisi trek basah cukup menyulitkan para pebalap pagi ini seperti juara GP Spanyol Jack Miller (Ducati) yang tergelincir di Tikungan 6, juga Iker Lecuona (KTM) yang terjatuh di 15 menit terakhir.

Baca juga: Lengan Quartararo masih terasa 'aneh' pascaoperasi arm pump
Baca juga: Hasil FP2 bikin Rossi optimistis di Le Mans


Pemuncak catatan waktu Johann Zarco kembali tampil kompetitif di balapan kandangnya setelah finis P6 di trek basah.

Sedangkan pebalap Prancis lainnya, Fabio Quartararo, yang membalap untuk pertama kali setelah menjalani operasi arm pump, tak mampu menembus 15 besar, seperti halnya tiga pebalap Yamaha lainnya.

Kendati demikian, keempat pebalap Yamaha itu telah mengamankan tiket Q2 berkat penampilan cepat mereka di trek kering ketika FP2.

Rookie tim Pramac Racing Jorge Martin masih belum fit pascakecelakaan di Portimao dan kembali digantikan oleh Tito Rabat.

Sepuluh besar catatan kombinasi setelah FP3
1 J. ZARCO 1:31,747
2 F. QUARTARARO +0,095
3 M. VIÑALES +0,389
4 P. ESPARGARO +0,390
5 F. MORBIDELLI +0,532
6 M. OLIVEIRA +0,549
7 J. MILLER +0,614
8 M. MARQUEZ +0,885
9 V. ROSSI +0,922
10 T. NAKAGAMI +0,964

Baca juga: Marquez beri sinyal kapan fit 100 persen
Baca juga: Mir waspadai karakteristik trek Le Mans yang kurang bersahabat

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021