Gubernur Jawa Timur minta wisatawan patuhi protokol kesehatan

Gubernur Jawa Timur minta wisatawan patuhi protokol kesehatan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah) pada saat berfoto bersama usai meninjau penerapan protokol kesehatan di Taman Rekreasi Selecta, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (15/5/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jatim/vft/am.

Mohon semuanya tetap menggunakan masker...
Kota Batu (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh wisatawan yang mengunjungi objek wisata di wilayahnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

“Suasananya masih pada posisi pengendalian penyebaran COVID-19 yang harus diikuti oleh semua pihak, termasuk seluruh elemen masyarakat yang ingin mengunjungi destinasi wisata,” kata Khofifah di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Khofifah juga mengatakan bahwa pengelola tempat wisata wajib menyiapkan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan serta menjalankan ketentuan mengenai pembatasan pengunjung pada masa pandemi.

Pengelola tempat wisata, ia mengatakan, juga harus memastikan seluruh pengunjung menaati protokol kesehatan termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain saat berada di tempat wisata.

“Mohon semuanya tetap menggunakan masker dan pada area rayon tertentu,” kata Khofifah.

Gubernur menjelaskan bahwa warga hanya diperbolehkan berwisata di daerah yang berada dalam satu rayon dengan daerah tempat tinggal.

Dia mencontohkan, warga Kota Batu bisa berwisata ke daerah lain yang masih satu rayon dengan Kota Batu seperti Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota dan Kabupaten Probolinggo, serta Kota dan Kabupaten Pasuruan.

“Masyarakat yang berada dalam satu rayon tetap bisa berwisata sesuai dengan rayon, protokol kesehatan juga harus dijaga oleh semua pihak. Mohon semuanya kembali bersabar untuk bisa menjaga segala sesuatunya aman, terkendali, terkawal, dan termonitor dengan baik,” kata Khofifah.

"Misalnya pun ada yang berada dari luar rayon, dimungkinkan (kalau) mereka sudah di sini sebelumnya, atau punya usaha di sini, atau mungkin memang bekerja di sini sehingga masuk pengecualian," ia menambahkan.

Gubernur Jawa Timur bersama Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto meninjau tempat wisata Jatim Park 3 dan Taman Selecta di Kota Batu.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan pejabat pemerintah kota yang lain juga mendampingi Gubernur dalam kunjungan tersebut.

Baca juga:
Gubernur Jawa Timur pantau penerapan prokes di tempat wisata Kota Batu
Madiun izinkan tempat wisata dan hiburan buka


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menyegarkan mata dengan 600 jenis bunga di Kota Batu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar