Polresta Cirebon siapkan 1.500 alat tes antigen selama arus balik

Polresta Cirebon siapkan 1.500 alat tes antigen selama arus balik

Petugas mengambil sampel dari pengendara yang mengikuti tes cepat antigen di posko penyekatan Susukan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021). (ANTARA JABAR/Dedhez Anggara)

Cirebon (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan 1.500 alat tes antigen selama arus balik dan akan digunakan untuk melakukan tes kepada para pengendara yang berpelat luar daerah di pos penyekatan.

"Stok alat tes antigen cukup banyak ada 1.500 yang kita siapkan dan kita sediakan di pos penyekatan," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M. Syahduddi di Cirebon, Sabtu.

Baca juga: Lenteng Agung pasang stiker pemudik jalani isolasi mandiri

Syahduddi mengatakan alat tes antigen tersebut disiapkan selama arus balik untuk pengendara yang berpelat polisi luar daerah.

Setiap harinya lanjut Syahduddi, pihaknya akan melakukan tes antigen kepada 100-300 pengendara terutama pemudik yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya.

"Tes antigen sendiri dilakukan secara acak, kita menghentikan kendaraan berpelat luar daerah, nantinya akan ditanyakan apakah memiliki surat bebas COVID-19 atau tidak dan ketika tidak ada maka akan kita arahkan ke tenda pengujian tes antigen," tuturnya.

Syahduddi menuturkan ketika pengendara yang dihentikan memiliki surat bebas COVID-19, maka pihaknya akan memberikan stiker untuk menandai bahwa yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan dan langsung diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

"Bagi yang sudah memiliki kita berikan stiker dan dipersilahkan melakukan perjalanan lagi," katanya.

Pada Sabtu (15/5) siang jajaran Polresta Cirebon telah melakukan tes antigen kepada 55 pengendara, di mana dari jumlah tersebut dua orang dinyatakan reaktif, sehingga diputar balikkan ke daerah asal.

Baca juga: Jasa Marga dukung penyekatan arus balik ke Jabotabek di jalan tol
Baca juga: Polisi tegaskan penumpang reaktif COVID-19 akan dibawa ke Wisma Atlet
Baca juga: Polda Metro siapkan 12 titik pemeriksaan surat bebas COVID-19

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pelarangan mudik selesai, Bandara Malikussaleh dipadati penumpang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar