Perekonomian Papua masih didominasi oleh sektor pertambangan yang mengalami pertumbuhan sebesar 61,06 persen
Jayapura (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua optimistis konsumsi masyarakat di wilayah itu terus pulih seiring penyebaran COVID-19 yang mengalami perlambatan dengan distribusi vaksin gencar dilakukan pemerintah serta praktik 3M.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Minggu, mengatakan perlambatan tersebut juga mendorong kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan aktifitas di luar rumah.

"Hal ini terkonfirmasi dari peningkatan indeks pergerakan masyarakat pada kawasan bisnis ritel dan rekreasi di Papua yang dirilis oleh Google Mobility Index," katanya.

Menurut Tigor, pada triwulan pertama 2021, Provinsi Papua mencatat pertumbuhan sebesar 14,28 persen (year on year), lebih tinggi dibandingkan nasional yang masih mengalami kontraksi sebesar minus 0,74 persen (yoy).

"Perekonomian Papua masih didominasi oleh sektor pertambangan yang mengalami pertumbuhan sebesar 61,06 persen (yoy)," ujarnya.

Dia menjelaskan selanjutnya, pertumbuhan ekonomi non tambang tercatat masih mengalami kontraksi sebesar minus 3,76 persen (yoy), tidak lebih dalam dibandingkan kontraksi pada triwulan keempat 2020 sebesar minus 6,83 persen (yoy).

"Hal ini memberikan optimistis untuk perbaikan perekonomian non tambang ke depannya," katanya lagi.

Dia menambahkan dalam mendorong pemulihan ekonomi, Bank Indonesia juga telah melakukan pemetaan terhadap sektor aman dan produktif yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah serta pelaku usaha.


Baca juga: BI optimistis stimulus fiskal dongkrak konsumsi menengah bawah 2021

Baca juga: Terdampak COVID, BI sebut konsumsi masyarakat Kalbar turun 50 persen

Baca juga: Pertumbuhan ekonomi Jakarta didorong konsumsi masyarakat-pemerintah

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021