Ingin liburan, anak muda Prancis bergegas divaksin

Ingin liburan, anak muda Prancis bergegas divaksin

Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 "Comirnaty" Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi Paris, Prancis (12/5/2021). ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes/aa.

Jakarta (ANTARA) - Clement Bosko, pria Prancis 31 tahun yang bekerja di pemeliharaan kereta, pekan ini mendapatkan tiket keberuntungan: janji untuk mendapat vaksinasi COVID-19.

"Saya ingin liburan musim panas ini, jadi saya bilang kepada diri sendiri: saya harus divaksin secepatnya," kata dia, Jumat waktu setempat, setelah menerima suntikan vaksin di velodrom Paris yang telah diubah jadi pusat vaksinasi.

"Dengan demikian, saya sudah siap, dan jika ada izin kesehatan untuk pergi ke luar negeri, saya sudah siap," katanya, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Asuransi perjalanan COVID-19 jadi syarat pokok liburan

Baca juga: Rekomendasi CDC usai divaksin COVID-19 soal bertemu orang dan liburan


Hingga saat ini, program vaksin Prancis difokuskan kepada orang di atas 50 tahun atau punya kondisi kesehatan tertentu. Tapi pekan ini semua orang di atas 18 tahun bisa mendapat vaksinasi jika mereka berhasil menemukan slot kosong.

Mereka harus terus memantau situs pendaftaran secara daring, berharap ada slot tersedia, atau menunggu di luar pusat vaksinasi.

Ketika banyak orang mengatakan kesehatan jadi alasan mereka mendapatkan vaksin, banyak anak muda yang ingin kembali menjalani kehidupan sosial mereka, yang dimulai dari vaksinasi, berdasarkan wawancara dengan orang-orang di pusat vaksinasi.

"Saya ingin pergi liburan dan saya pikir: 'Jika saya bisa divaksin sebelum pergi, akan lebih baik," kata Paul De Beon (25) di pusat vaksinasi.

"Ini untuk kembali ke kehidupan normal," katanya. "Saya bosan dengan semua pembatasan."

Pada awal kampanye vaksinasi Prancis, jajak pendapat menunjukkan banyak orang enggan mendapatkan suntikan, sebagian karena kekhawatiran tentang efek samping yang jarang terjadi.

Tapi membuka akses vaksin untuk anak muda meningkatkan lonjakan permintaan, kata Tristan Eybert, yang mengelola pusat vaksin velodrome.

"Kami melihat orang-orang muda banyak datang minggu ini," katanya. "Kami merasakan antusiasme mereka terhadap vaksin tersebut."

Baca juga: Berlibur di masa pandemi, pilih lokasi udara terbuka jauhi keramaian

Baca juga: Kiat berlibur Lebaran yang aman di masa pandemi

Baca juga: Kangen liburan? Catat dulu tujuan wajib di Filipina

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ribuan vaksin sinovac tersalurkan di kota Pangkalpinang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar