Polisi tutup akses masuk ke sejumlah objek wisata pantai di Jember

Polisi tutup akses masuk ke sejumlah objek wisata pantai di Jember

Petugas melakukan penyekatan dan penutupan objek wisata Pantai Watu Ulo Kabupaten Jember, Minggu (16/5/2021). ANTARA/ HO - Polsek Ambulu.

Semua objek wisata pantai yang berada di Kecamatan Ambulu seperti Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, dan Pantai Papuma ditutup dan petugas bersiaga di pintu masuk kawasan wisata itu
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Aparat kepolisian bersama petugas pos pengamanan menutup akses masuk ke sejumlah pantai yang menjadi objek wisata di kawasan pesisir selatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, selama libur Lebaran Idul Fitri 2021.

"Semua objek wisata pantai yang berada di Kecamatan Ambulu seperti Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, dan Pantai Papuma ditutup dan petugas bersiaga di pintu masuk kawasan wisata itu," kata Kapolsek Ambulu AKP Sudaryanto saat dikonfirmasi dari Jember, Minggu.

Menurutnya anggota Polsek Ambulu bersama petugas loket wisata Pantai Watu Ulo sudah melaksanakan pemasangan imbauan penutupan wisata sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Biasanya saat libur Lebaran, kawasan wisata pantai dipenuhi pengunjung dan hal itu menyebabkan kerumunan yang dapat berpotensi penularan COVID-19, sehingga semua kawasan wisata ditutup," tutur-nya.

Kendati demikian, lanjut dia, petugas tidak bisa melarang saat ada warga yang datang ke sejumlah warung yang buka di sekitar Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan untuk makan bersama keluarga.

Baca juga: Wakil Dubes Australia kunjungi Tanoker destinasi wisata perdamaian

"Lokasi Pantai Watu Ulo dan Payangan berada di sekitar permukiman warga, sehingga kami selektif untuk memperbolehkan warga hanya untuk makan di warung dan bukan untuk berwisata," katanya.

Sudariyanto mengakui masih ada warga yang kadang sembunyi-sembunyi saat berwisata dan lepas dari pantauan petugas karena banyaknya warga yang datang makan di beberapa warung yang berada di sekitar objek wisata.

"Kawan-kawan Tagana juga dikerahkan di beberapa titik untuk memberikan peringatan kepada warga yang hendak berwisata di kawasan pantai pesisir selatan Jember itu," ujarnya.

Ia menjelaskan petugas juga sudah memberikan imbauan kepada masyarakat yang datang untuk makan di sejumlah warung di sekitar pantai untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak boleh berwisata di pantai, sehingga setelah mereka selesai makan diimbau segera pulang.

Sebelumnya Bupati Jember Hendy Siswanto menginstruksikan semua objek wisata ditutup selama libur Lebaran Idul Fitri 2021 untuk menghindari penyebaran COVID-19.

"Semua objek wisata ditutup terutama destinasi yang sudah menjadi primadona biasanya ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran, sehingga tidak boleh ada penjualan tiket masuk," tutur-nya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar