Liga Prancis

Monaco perkuat cengkeraman zona Champions seusai tundukkan Rennes

Monaco perkuat cengkeraman zona Champions seusai tundukkan Rennes

Penyerang AS Monaco Wissam Ben Yedder (tengah) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Rennes dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Louis II, Monaco, Minggu (16/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Valery Hache)

Jakarta (ANTARA) - AS Monaco memperkuat cengkeraman mereka di zona Liga Champions klasemen sementara Liga Prancis seusai menundukkan tamunya Rennes dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-37 di Stadion Louis II, Monaco, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Gol-gol Wissam Ben Yedder dan Aleksandr Golovin untuk Monaco hanya bisa dibalas sekali oleh Rennes yang memaksa Axel Disasi mencetak gol bunuh diri.

Kemenangan kali ini memantapkan posisi Monaco di urutan ketiga klasemen, atau tempat terakhir zona kualifikasi Liga Champions, dengan raihan 77 poin unggul satu poin atas Olympique Lyon yang juga menang di laga lain.

Sedangkan Rennes yang tertahan di posisi ketujuh terancam tak bisa berpeluang main di Eropa musim depan, karena gagal menambah raihan 55 poin masih tertinggal satu poin di bawah RC Lens (56), demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Baca juga: Lyon terus jaga asa Liga Champions sambil pastikan Nimes terdegradasi

Monaco membuka keunggulan lewat sebuah serangan cepat yang diakhiri umpan terobosan Golovin dan Ben Yedder mengkonversinya dengan sontekan kaki kiri untuk menaklukkan kiper Alfred Gomis.

Keunggulan itu digandakan oleh Golovin pada menit ke-29 melalui sepakan jarak jauh menyambut umpan sodoran Youssouf Fofana demi melesakkan bola ke pojok kanan bawah gawang tim tamu.

Rennes berusaha membalas empat menit berselang, sayang tembakan Steven Nzonzi bisa dimentahkan oleh kiper Benjamin Lecomte dan bola muntah yang disambar Jeremy Doku melenceng dari sasaran.

Keunggulan Monaco terus bertahan hingga pada menit ke-68 Rennes memangkas ketertinggalan mereka setelah sundulan Benjamin Bourigeaud yang berusaha dihalau Disasi, malah membuat bola bersarang ke gawangnya sendiri.

Baca juga: Peluang gelar PSG dirusak hasil imbang 1-1 lawan Rennes

Rennes terus menekan pertahanan tuan rumah tetapi tiga percobaan mereka tak membuahkan hasil dan perjuangan mereka semakin dipersulit lantaran Damien da Silva diganjar kartu merah pada menit ke-85.

Situasi 11 lawan 10 memudahkan Monaco untuk menjaga keunggulan mereka bertahan hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Selain memantapkan posisi zona Liga Champions, Monaco juga masih berpeluang menjadi juara karena mereka hanya terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen Lille dan punya keunggulan marjin gol.

Syaratnya, Monaco harus bisa menang kala melawat ke Stadion Felix Bollaert-Delelis menghadapi Lens dalam laga pemungkas yang berlangsung serempak pada Minggu (23/5) dan di waktu bersamaan Lille serta Paris Saint-Germain menelan kekalahan di pertandingan masing-masing.

Kemenangan bagi Monaco juga akan membantu Rennes yang bakal melakoni laga pemungkas menjamu Nimes di Roazhon Park dalam upaya meraih tiket Liga Europa.

Baca juga: Peluang juara PSG terbuka lagi setelah Lille diimbangi Saint-Etienne

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar