Saham energi dan emas angkat bursa Australia lebih tinggi

Saham energi dan emas angkat bursa Australia lebih tinggi

Seorang pria tengah memantau layar utama pergerakan saham Australian Securities Exchange, di Sydney, Australia. ANTARA/REUTERS/am.

Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Senin pagi, didorong oleh saham emas karena harga logam mulia menguat, sementara Ampol dan Viva Energy mengangkat indeks energi setelah kedua pemasok bahan bakar itu menerima dana besar dari pemerintah untuk menjaga kilang mereka tetap buka.

Indeks acuan S&P/ASX 200 terangkat 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 7.038,50 poin pada pukul 00.57 GMT. Indeks acuan meningkat 0,5 persen pada Jumat (14/5/2021) dan mencatat penurunan mingguan terbesar sejak 26 Februari.

Saham sektor energi melonjak 2,1 persen dan melihat sesi terbaik mereka dalam hampir dua bulan, diuntungkan dari lonjakan saham Ampol Ltd dan Viva Energy, sementara harga minyak yang lebih tinggi juga membantu.

Ampol dan Viva Energy adalah pencetak keuntungan teratas pada indeks acuan setelah pemerintah mengumumkan dana 2,3 miliar dolar Australia (1,79 miliar dolar AS) sebagai dukungan untuk menjaga dua kilang minyak terakhir yang dioperasikan oleh perusahaan tersebut tetap buka setidaknya hingga 2030.

Saham-saham emas melambung 4,1 persen setelah data menunjukkan penjualan ritel AS secara tak terduga terhenti pada April dan meningkatkan daya tarik logam safe-haven. Sub-indeks berada di jalur yang tepat untuk mencatat kenaikan satu hari terbaiknya sejak 16 April.

Penambang emas kelas berat Newcrest Mining terdongkrak 2,6 persen ke level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu, sementara Northern Star Resources melonjak hingga 5,3 persen dan membidik sesi terbaiknya dalam dua minggu terakhir.

Sebuah rebound di indeks-indeks utama Wall Street, termasuk sentimen bantuan dari teknologi-berat Nasdaq lebih lanjut telah membantu pasar lokal bergairah.

Saham-saham teknologi di Australia naik 1,0 persen, dengan pembuat perangkat lunak Xero Ltd melonjak 4,4 persen dan memimpin kenaikan pada sub-indeks.

Di seberang Laut Tasman, dikutip dari Reuters, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru menguat 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 12.412,34 poin.

Skycity Entertainment dan NZX Ltd adalah pencetak keuntungan teratas pada indeks acuan, masing-masing naik sekitar 2,4 persen pada awal perdagangan.

Baca juga: Wall Street ditutup melonjak lagi, indeks Nasdaq melambung 2,32 persen
Baca juga: Saham Spanyol "rebound", indeks IBEX 35 melambung 2,00 persen
Baca juga: Bursa Australia dibuka melemah terseret saham energi dan perbankan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar