Satgas Sigacor kelurahan data warga usai perjalanan luar kota

Satgas Sigacor kelurahan data warga usai perjalanan luar kota

Lurah Nusa Jaya, Ian Chavidz sedang berbincang dengan warga terkait pendataan usai libur panjang dalam antisipasi pencegahan COVID-19, Senin (17/5/2021) ANTARA/HO

Tangerang, Banten (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Siaga Corona (Sigacor) tingkat kelurahan di Kota Tangerang, Banten melakukan pendataan warga yang usai melakukan perjalanan dari luar kota dan mudik untuk dilakukan tes cepat antigen dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Lurah Nusa Jaya Ian Chavidz di Tangerang Senin mengatakan kegiatan pendataan dilakukan sesuai dengan instruksi Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengenai pendataan warga usai libur panjang dalam antisipasi penyebaran COVID-19. Di Kelurahan Nusa Jaya terdapat 12 RT dan 40 RW.

Baca juga: Pemkot Jaksel catat data sementara 1.769 warga lakukan mudik

"Untuk kesehatan dan keselamatan kita semua, pendataan ini kita lakukan agar tak muncul klaster keluarga atau perkantoran usai warga liburan ke luar kota. Maka itu kita libatkan RT/RW dengan optimalisasi Satgas Sigacor," katanya.

Lurah Ian mengatakan dari hasil pendataan yang dilakukan, ada warga Kelurahan Nusa Jaya yang melaksanakan perjalanan mudik ke Jawa dan Lampung. Warga tersebut pun sudah berkoordinasi dengan RT/RW mengenai berkas yang harus dibawa saat tiba ke Kota Tangerang nanti.

Baca juga: Anies instruksikan camat dan lurah proaktif data warga ikut arus balik

"Warga yang mudik sudah mengetahui syarat yang harus dibawa saat pulang nanti yakni berkas bebas COVID-19. Kita terus lakukan pengawasan dan pendataan untuk deteksi dini pencegahan," katanya.

Sebelumnya Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah telah menginstruksikan kepada seluruh lurah dan camat untuk dapat mendata warga yang kembali dari luar Kota Tangerang agar membawa surat bebas COVID-19 atau hasil pemeriksaan antigen 1x24 jam.

"Lurah dan camat agar berkoordinasi dengan RT/RW mendata warga yang balik dari luar kota agar membawa surat keterangan bebas COVID-19. Ini untuk pendataan dan tracing," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam keterangannya, Minggu.

Kepala Bagian Protokol dan Pimpinan Kota Buceu Gartina menambahkan instruksi ini sudah disampaikan kepada kepala satgas di wilayah yakni lurah dan camat sejak beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu saja, pendataan juga dilakukan terhadap rumah kosong, kontrakan dan kos-kosan untuk memastikan warga yang kembali menghuni tempat tinggalnya lagi dapat diketahui hasil pemeriksaan bebas COVID-19.

"Ini jadi bagian dari upaya menekan penyebaran COVID-19 usai libur lebaran. Pengawasan di wilayah terus ditingkatkan agar tak ada penambahan kasus," tegasnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Anggota DPRD Kota Tangerang apresiasi percepatan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar