TPU Semper kembali buka untuk ziarah

TPU Semper kembali buka untuk ziarah

Peziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) Semper Abdul Hamid menabur bunga di atas makam keluarganya di Cilincing, Jakarta Utara, Senin (17/5/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)

kalau selesai ziarah, segera meninggalkan lokasi karena lebih baik seperlunya saja
Jakarta (ANTARA) - Taman Pemakaman Umum (TPU) Semper, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara kembali buka untuk warga yang akan berziarah  pada Senin (17/5).

TPU Semper itu buka lagi untuk ziarah setelah sebelumnya tutup selama lima hari yakni mulai 12 Mei sampai 16 Mei 2021.

Pantauan ANTARA pukul 10.00 WIB, puluhan peziarah mulai mendatangi TPU Semper di masa pembukaan pertama berlangsung.

Baca juga: Cak Imin: Pemda Jakarta jangan buat kebijakan standar ganda

Selain itu, tampak dua unit mobil jenazah beserta rombongan pengiring yang datang untuk penguburan.

Salah seorang peziarah bernama Abdul Hamid (47) saat ditemui wartawan di Jakarta, Senin, datang bersama istri dan keluarganya dari Lagoa, Tanjung Priok, Jakarta Utara, sedang menabur bunga di atas empat makam.

"Saya ziarah ke empat makam seperti orang tua dari ibu, ayah, dan juga buyut," kata Hamid.

Hamid berterima kasih kepada pemerintah karena telah membuka lagi TPU untuk peziarah pada Senin.

Baca juga: Perusak pagar TPU Utan Kayu diamankan polisi

Ia mengatakan kepentingan ziarah kubur bukan cuma karena tradisinya, tapi penting pula sebagai pengingat kematian.

"Alhamdulillah ya, khususnya pemerintah. Terima kasih banyak. Karena kami yang masih hidup perlu juga berziarah ke makam untuk mengingat kita kematian. Karena yang hidup pasti akan mati," kata Hamid.

Kendati sempat kecewa, Hamid memahami bahwa penutupan TPU saat liburan itu terpaksa dilakukan pemerintah demi kebaikan bersama.

"Supaya kita tidak berkerumun. Tapi itu (penutupan TPU) tidak lama karena sekarang sudah dibuka. Kami sebagai warga berterima kasih juga kepada pemerintah, sebenarnya itu buat kebaikan masyarakat juga," kata Hamid.

Di lain pihak, tiga pilar mulai Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Semper Timur, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polri, dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI juga terlihat mengingatkan warga untuk menaati protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca juga: Ratusan warga memaksa masuk ke TPU Tegal Alur untuk berziarah

Kasatpol PP Kelurahan Semper Timur, Muhammad Syamsu ditemui wartawan di lokasi mengatakan pengawasan tiga pilar akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk mencegah penularan COVID-19 termasuk di tengah aktivitas masyarakat berziarah.

"Ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk mengontrol penularan COVID-19. Kami juga sampaikan, kalau selesai ziarah, segera meninggalkan lokasi karena lebih baik seperlunya saja," ujar Syamsu.
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Semper Timur Muhammad Syamsu (tengah) bersama Bhabinkamtibmas Kelurahan Semper Timur Aiptu Marsudi dan Babinsa Ramil Semper Timur Maman Sulaeman ditemui wartawan di TPU Semper, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (17/5/2021). (ANTARA/ Abdu Faisal)


Sementara itu, Kepala Satuan Pelayanan TPU Semper Nasrun Lubis mengatakan pembukaan pelayanan pemakaman saat ini sudah dilakukan secara normal namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Pembukaan hari ini sudah normal seperti biasa. Sementara itu untuk waktu pembukaan makam seperti normalnya jam 8 pagi-4 sore. Pembukaan ini juga diawasi oleh tiga pilar di lokasi," ujar Lubis.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peziarah diminta taat protokol saat makam dibuka

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar