Jakarta (ANTARA) - Duo Merseyside Liga Premier Inggris berpisah jalan dalam perjuangan mereka menuju kompetisi Eropa musim ini selepas rangkaian laga pekan ke-36 rampung dimainkan pada Senin dini hari tadi.

Liverpool yang main lebih awal membesarkan peluang mereka menembus empat besar atau zona Liga Champions, seusai meraih kemenangan dramatis 2-1 saat bertandang ke The Hawthorns menghadapi West Bromwich Albion.

Tak tanggung-tanggung kisah dramatis itu ditutup dengan sebuah gol yang dicetak penjaga gawang mereka, Alisson Becker, lewat sundulannya pada menit kelima injury time.

Kemenangan itu membuat pasukan Merseyside Merah yang berada di posisi kelima kini mengoleksi 63 poin, atau hanya tertinggal tiga poin dari Leicester City dan satu poin dari Chelsea.

Baca juga: Alisson yakin mendiang ayahnya ikut merayakan golnya lawan West Brom

Mengingat di pertandingan selanjutnya Leicester dan Chelsea bertemu, apapun hasil laga itu secara realistis memberi keuntungan bagi tim besutan Juergen Klopp, tentunya dengan asumsi Liverpool berhasil menang.

Sementara itu, nasib berbeda soal mimpi tampil di kompetisi Eropa harus dialami oleh Everton yang secara nahas menelan kekalahan 0-1 saat menjamu tim juru kunci yang sudah terdegradasi, Sheffield United, di Goodison Park.

Talenta muda Daniel Jebbison jadi aktor antagonis utama perjuangan Everton, sembari menorehkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam debutnya di Liga Premier dalam usia 17 tahun dan 309 hari.

Kekalahan tersebut membuat kubu Merseyside Biru tak beranjak dari urutan kedelapan gagal menambah raihan 56 poin, masih tertinggal tiga poin dari ambang batas zona kualifikasi Eropa.

Baca juga: Ancelotti akui Everton patut malu atas performa buruk kontra Sheffield

Dalam pertandingan lebih awal pada Minggu malam tadi, Tottenham Hotspur terlebih dulu merawat asa mereka ke Eropa berbekal kemenangan 2-0 melawan Wolverhampton.

Tottenham naik ke urutan keenam atau zona fase grup Liga Europa, menggusur West Ham turun ke peringkat ketujuh atau zona tiket playoff Liga Conference.

Tottenham ada di posisi lebih tinggi berbekalkan selisih gol surplus 22 dibandingkan surplus 10 yang dimiliki West Ham, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 59 poin.

Sementara itu di Selhurst Park, London, Crystal Palace mampu menundukkan tamunya Aston Villa 3-2.

Dua gol yang dicetak Wilfried Zaha dan Tyrick Mitchell dalam 15 menit terakhir laga menuntun Palace bangkit meraih kemenangan setelah sempat tertinggal 1-2 sejak menit ke-34.

Kekalahan tersebut memaksa Villa tertahan di posisi ke-11 dengan 49 poin, sedangkan Palace berada dua strip dan empat poin di bawahnya.

Baca juga: Dele Alli dipuji Ryan Mason selepas Spurs bekuk Wolves

Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-36 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Rabu (12/5) dini hari
Manchester United 1 - Leicester City 2 (Mason Greenwood 15'; Luke Thomas 10', Caglar Soyuncu 66') Baca juga: Ole Gunnar Solskjaer konfirmasi cedera ligamen Harry Maguire

Kamis (13/5) dini hari
Chelsea 0 - Arsenal 1 (Emile Smith-Rowe 16') Baca juga: Thomas Tuchel: kekalahan dari Arsenal adalah salah kami sendiri

Sabtu (15/5) dini hari
Newcastle United 3 - Manchester City 4 (Emil Krafth 25', Joelinton p-45+6', Joe Willock 62'; Joao Cancelo 39', Ferran Torres 42', 64', 66') Baca juga: Guardiola sebut gelar Liga Inggris musim ini juara tersulitnya

Sabtu (15/5) malam s.d. Minggu (16/5) dini hari
Burnley 0 - Leeds United 4 (Mateusz Klich 44', Jack Harrison 60', Rodrigo Moreno 77', 79')
Southampton 3 - Fulham 1 (Che Adams 27', Nathan Tella 60', Theo Walcott 82'; Fabio Carvalho 75')
Brighton & Hove Albion 1 - West Ham United 1 (Danny Welbeck 84'; Said Benrahma 87')

Minggu (16/5) malam s.d. Senin (17/5) dini hari
Crystal Palace 3 - Aston Villa 2 (Christian Benteke 32', Wilfried Zaha 75', Tyrick Mitchell 84'; John McGinn 17', Anwar El Ghazi 34')
Tottenham Hotspur 2 - Wolverhampton 0 (Harry Kane 45', Pierre-Emile Hojbjerg 62')
West Bromwich Albion 1 - Liverpool 2 (Hal Robson-Kanu 15'; Mohamed Salah 33', Alisson Becker 90+5')
Everton 0 - Sheffield United 1 (Daniel Jebbison 7')

Klasemen Liga Inggris

Keterangan:
J: sudah juara
D: sudah terdegradasi
blok warna: pasti finis di area urutan dengan warna yang sama

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021