Wagub minta masyarakat pahami penutupan kawasan Ancol

Wagub minta masyarakat pahami penutupan kawasan Ancol

Pedagang menerbangkan layang-layang di Pantai Carnaval Ancol Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya wisata Ancol yang diperuntukkan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat memahami keputusan pemerintah menutup sementara kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Meski sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menerapkan kawasan wisata tetap buka selama masa libur Hari Raya Idul Fitri dengan pembatasan kapasitas 30 persen, tiga tempat wisata, yakni Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Taman Margasatwa Ragunan akhirnya ditutup sementara pada Minggu (16/5) dan Senin (17/5).

Riza saat ditemui di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Senin mengatakan, keputusan Pemprov DKI Jakarta menutup tiga tempat wisata, termasuk Ancol, bertujuan untuk memastikan tidak menimbulkan kerumunan yang berujung pada penularan COVID-19.

"Saya kira ini kebijakan yang sangat baik, sudah dikurangi ke 30 persen, dilakukan (pemesanan tiket) 'online', meski akhirnya ditutup juga. Karena itu, mohon maaf kepada masyarakat agar dipahami kita semua bekerja keras untuk memastikan tidak terjadi penularan COVID di DKI," kata Riza.

Riza berharap dengan penutupan sementara ini, tidak terjadi lonjakan kasus positif COVID-19 usai libur Lebaran.

Baca juga: Manajemen Ancol dapat teguran keras dari Anies terkait prokes
Baca juga: DKI tutup Ancol, TMII, Ragunan sampai 17 Mei demi prokes
​​​​​​​
Sejumlah wisatawan duduk di area lingkaran khusus untuk menjaga jarak antara wisatawan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Jumat (14/5/2021). Pemprov DKI Jakarta pada libur Lebaran 2021 membuka sejumlah tempat wisata, salah satunya Taman Margasatwa Ragunan yang diperuntukan khusus bagi warga ber-KTP DKI Jakarta dan membatasi jumlah wisatawan dengan kapasitas 30 persen. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup tiga tempat wisata yakni Ancol, TMII dan Taman Margasatwa Ragunan terhitung 16 Mei hingga 17 Mei 2021 demi penguatan protokol kesehatan.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 1790/-1.858.2 yang ditandatangani pelaksana tugas (plt) Kadisparekraf Gumilar Ekalaya dan dikeluarkan Sabtu tanggal 15 Mei 2021 ini.

Jumlah pengunjung di tiga tempat lokasi pariwisata tersebut terbilang membludak saat periode libur Lebaran 2021. Pengunjung Ancol pada 14 Mei 2021 tercatat di angka 43 ribu orang dari kapasitas 120 ribu.

Sementara di TMII, pengelola membatasi 30 persen pengunjung dari total kapasitas atau sekitar 20.000 orang. Namun pada Sabtu siang  sekitar pukul 11.00 WIB jumlah pengunjung sudah mencapai hingga 18.000 orang sehingga pengelola menutup beberapa pintu akses.

Adapun Taman Margasatwa Ragunan (TMR) mencatat jumlah pengunjung pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5) hingga pukul 13.30 WIB mencapai 17.148 orang. Sementara itu, pada Jumat (14/5), jumlah pengunjung mencapai 20.174 orang.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ancol jadi salah satu pilihan utama wisatawan saat Lebaran

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar