Jakarta (ANTARA) - Borneo FC menerapkan wajib lapor bagi seluruh pemain untuk memantau kondisi mereka selama menjalani latihan mandiri di kediaman masing-masing selama libur Lebaran tahun ini

Sebelumnya, tim pelatih telah membekali skuad Pesut Etam program latihan fisik yang harus dijalani oleh seluruh pemain saat diliburkan.

"Sebagai pemain profesional, kita percaya anak-anak akan jalankan program dengan sepenuh hati, ya. (Tapi) tetap kita monitor," kata Asisten Pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin dikutip dari laman resmi klub, Senin.

Agar perkembangan kondisi pemain dapat dipantau secara berkala, lanjut dia, seluruh pemain tanpa terkecuali harus melaporkan progres latihan mereka kepada tim pelatih melalui grup WhatsApp.

"Ada grupnya sih, tapi lebih banyak komunikasi intens secara pribadi. Karena memang kondisi mereka harus naik saat nanti kumpul kembali," ujarnya.

Baca juga: Borneo FC jadwalkan pemusatan latihan di Yogyakarta 

Menurut Amir, sapaan akrabnya, pemantauan kondisi pemain perlu dilakulan secara berkala agar level kebugaran mereka yang sudah hampir ideal sebelum diliburkan tidak mengalami kemunduran lagi. 

Jadi, kata dia, pemain bisa lebih fokus mengasah teknik dan penerapan taktik pada beberapa laga uji coba yang akan digelar selama pemusatan latihan (TC) yang berlangsung dua pekan di Yogyakarta mulai 23 Mei mendatang.

"Kita harap peningkatan secara umum meningkat ya. Fisik dan teknik setidaknya di angka 80 persen. Karena agenda di TC nanti lebih banyak uji coba, dan mereka wajib maksimal," tegas Amir.

Selain itu, ia juga melaporkan kondisi Amer Bekic sudah mulai membaik pascacedera yang dialaminya saat berlaga dalam ajang Piala Menpora lalu, dan mengharuskannya berlatih terpisah pada sesi latihan reguler sebelum libur.

Baca juga: Amer Bekic absen dua sesi latihan Borneo FC 

Pada TC nanti, ia pun berharap penyerang asal Bosnia itu sudah bisa bermain dan menunjukkan kualitas maksimalnya.

"Amer memang belum maksimal saat latihan. Tapi sudah bisa main dan gabung bersama tim. Dia ada masalah di pangkal pahanya dan sudah ditangani tim medis," tutur Amir.

"Di latihan terakhir kemarin dia sudah gabung dan mulai meningkatkan fisik dan sentuhan bolanya," pungkas Amir. 

Baca juga: Borneo FC mendatangkan tiga pemain baru 
Baca juga: Borneo FC diam-diam datangkan Paulo Sitanggang 

 

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021