Jakarta (ANTARA) - MediaTek mengumumkan chip mobile baru Dimensity 900 yang mendukung jaringan telekomunikasi terkini 5G.

"Dimensity 900 menghadirkan rangkaian konektivitas, tampilan, dan peningkatan visual 4K HDR ke dalam smartphone 5G tingkat tinggi dan memberikan fleksibilitas desain yang luar biasa kepada para produsen untuk portofolio 5G mereka," kata Corporate VP and GM of MediaTek's Wireless Communications Business Unit, JC Hsu, dalam siaran pers, dikutip Selasa.

Dimensity 900 menggunakan teknologi 6 nanometer dan terintegrasi dengan modem sub-6GHz New Radio (NR) 5G serta dukungan untuk bandwidth hingga 120Mhz.

Baca juga: Redmi K40 Gaming Edition resmi meluncur, pakai MediaTek Dimensity 1200

Baca juga: Realme Narzo 30A resmi dibanderol Rp1.8 juta


Chipset ini menggunakan CPU berinti delapan, yang terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A78 clockspeed hingga 2.4GHz dan enam Arm Cortex-A55 yang bisa beroperasi hingga 2GHz.

Untuk GPU, Dimensity 900 mengintegrasikan Arm Mali-G68 MC4 dengan unit pemrosesan kecerdasan buatan independen untuk efisiensi daya yang optimal sehingga masa pakai baterai lebih tahan lama.

Artificial Intelligence Processing Unit atau APU ini merupakan generasi ketiga buatan MediaTek, dirancang agar bisa menghemat daya dan mendukung berbagai aplikasi kecerdasan buatan serta resolusi definisi tinggi 4K.

Chip ini mendukung memori LPDDR5 dan penyimpanan berbasis UFS 3.1. MediaTek menjanjikan Dimensity 900 bisa beradaptasi dengan refresh rate layar 120Hz.

Dimensity (00 dilengkapi dengan MediaTek Imagic 5.0 untuk mendukung empat kamera hingga resolusi 108MP dan peningkatan AI-Camera Premium untuk hasil foto super presisi.

MediaTek juga menyematkan kemampuan HyperEngine untuk mendukung gaming dan panggilan SIM ganda secara bersamaan.

Chip Dimensity akan tersedia di pasar global pada kuartal kedua tahun ini.

Baca juga: MediaTek luncurkan modem M80 5G dukung jaringan mmWave dan Sub-6 GHz

Baca juga: MediaTek bekali Dimensity 1200 dan 1100 5G dengan AI dan multimedia

Baca juga: MediaTek umumkan chipset 5G terbaru untuk "smartphone mainstream"






 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021