Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi mulai memberikan vaksin COVID-19 kepada karyawan dan keluarga. Kegiatan ini merupakan bagian dari "Kick-Off Vaksinasi Gotong Royong COVID-19 untuk Pekerja oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin)" pada 18 perusahaan yang ditinjau secara virtual oleh Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Pekerja distributor barang perlu diprioritaskan vaksin gotong royong

Sebanyak total 16 ribu karyawan TMMIN beserta keluarga dijadwalkan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 secara bertahap dengan 3 ribu peserta di tahap pertama.

Menurut Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono melalui keterangannya, Selasa, pemberian vaksin ini merupakan bagian dukungan TMMIN kepada pemerintah dalam upaya pemerataan vaksin COVID-19.

"Kami berterima-kasih kepada pemerintah dan Kadin yang telah mengkoordinasikan Program Vaksinasi Gotong Royong ini. Bagi Toyota Indonesia, keselamatan dan kesehatan karyawan dan keluarga merupakan hal yang utama, karenanya kami berkomitmen melaksanakan vaksinasi COVID-19 kepada seluruh karyawan beserta keluarganya," kata dia.

Warih menjelaskan vaksinasi Gotong Royong menjadi langkah yang penting dalam menanggulangi penyebaran virus Corona dibarengi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan terus-menerus.

Ada pun protokol kesehatan di TMMIN dibangun dari kesadaran pribadi karyawan dilanjutkan dengan kesadaran keluarga dan lingkungan. "Hal ini kemudian mendasari inisiatif kami untuk mendirikan 100 Kampung Siaga COVID-19 (KSC) yang tersebar di wilayah Karawang, Jakarta, Bekasi, Bogor, dan Depok sejak September 2020," kata dia.

Dalam KSC, karyawan yang memiliki komitmen menjadi agen perubahan (Champion) secara aktif memberikan pemahaman budaya bersih dan gaya hidup sehat dengan melaksanakan kebiasaan baru kepada lingkungan sekitar. Aktivitas ini diharapkan dapat mendorong pengembangan dan kemandirian masyarakat dalam mengorganisir seluruh sumber daya untuk melawan pandemi COVID-19.

Demi mendukung kemandirian Kampung Siaga COVID-19, kami memberikan berbagai sarana dan prasarana seperti alat cuci tangan portable, thermogun, masker, hingga pelatihan edukasi rutin mengenai protokol COVID-19.

"Semoga dengan dimulainya vaksinasi ini dan dengan terus menjalankan protokol kesehatan dan kebiasaan baru, pandemi COVID-19 terutama di area industri manufaktur dapat segera diatasi," tutup Warih.


Baca juga: Wakil Ketua DPR minta perusahaan ikutkan karyawan vaksin Gotong Royong

Baca juga: Mendag Lutfi: Ekonomi selalu terganjal jika rantai COVID-19 tak putus

Baca juga: Presiden harap vaksinasi dongkrak ekonomi tumbuh 7 persen kuartal II
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021