Kami mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol
Surabaya (ANTARA) - Jumlah kendaraan yang meninggalkan Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Lebaran 2021 khususnya H+1 hingga H+3 atau Sabtu-Senin (15-17 Mei 2021) turun 43 persen dibanding hari biasa yakni dari lalu lintas (lalin) normal sebanyak 125.020 menjadi 71.765 kendaraan.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Corry Annelia Poundti H, Selasa, mengatakan, kendaraan itu meninggalkan wilayah Surabaya menuju arah Barat dan Selatan.

Angka tersebut, kata dia, merupakan jumlah kendaraan yang melakukan transaksi di Gerbang Tol (GT) Warugunung dan GT Kejapanan.

Baca juga: Jasa Marga: 301.720 kendaraan kembali ke Jabotabek pada H+3 Lebaran

Ia mengatakan distribusi lalu lintas di kedua arah adalah sebesar 37 persen menuju arah Barat dan 63 persen menuju arah Selatan, dengan rincian menuju arah Barat melalui GT Warugunung, dengan jumlah 26.602 kendaraan turun sebesar 43 persen dari normal.

Sedangkan lalu lintas yang meninggalkan Surabaya menuju arah Selatan melalui GT Kejapanan adalah sebesar 45.163 kendaraan, turun 42 persen dari normal.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," katanya.

Dengan memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan), dan saat berada di tempat istirahat, perlu isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Baca juga: Jasamarga: 21.951 kendaraan tinggalkan Surabaya pada H+1

Baca juga: Jasa Marga: Kendaraan masuk Surabaya turun 60 persen saat Lebaran 2021


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021