Market capitalization GoTo akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap size market cap pasar modal Indonesia sehingga dapat meningkatkan attractiveness pasar modal Indonesia di gobal market
Jakarta (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai jika entitas gabungan Gojek dan Tokopedia, GoTo, jadi melantai di bursa melalui mekanisme penawaran umum perdana atau IPO, maka akan berdampak positif terhadap pasar modal dan perekonomian Indonesia.

"Market capitalization GoTo akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap size market cap pasar modal Indonesia sehingga dapat meningkatkan attractiveness pasar modal Indonesia di gobal market," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna di Jakarta, Rabu.

Layaknya perusahaan lain yang melakukan pendanaan melalui pasar modal, lanjut Nyoman, tercatatnya GoTo di bursa tentunya juga dapat bermanfaat bagi peningkatan kinerja perusahaan melalui tambahan pendanaan yang diperoleh.

Di sisi lain, dengan pencatatan GoTo di pasar modal Indonesia, BEI berharap hal tersebut dapat memberikan peningkatan yang signifikan dari sisi cakupan investor melalui mitra driver, mitra penjual, serta pengguna aktif yang dapat ikut serta menjadi investor perusahaan.

"Melalui pasar modal, GoTo dapat tumbuh dan berkembang bersama dengan para stakeholder perusahaan yang selama ini telah memberikan support terhadap pertumbuhan GoTo," ujar Nyoman.

Ia menambahkan, peningkatan tata kelola perusahaan juga menjadi manfaat yang akan dirasakan oleh perusahaan pada masa mendatang sehingga perusahaan dapat dikelola secara lebih transparan, lebih akuntabel, dan lebih profesional.

BEI pun senantiasa mendorong perusahaan dari berbagai industri untuk memanfaatkan pasar modal sebagai rumah pertumbuhan atau house of growth, tidak terkecuali perusahaan-perusahaan di bidang teknologi.

"Adanya rencana IPO dari unicorn ini tentu kami menyambut dengan baik dan kami optimis perusahaan-perusahaan teknologi lainnya juga dapat mengikuti langkah ini," kata Nyoman.

GoTo disebut akan menggabungkan layanan e-commerce, pengiriman barang, transportasi dan keuangan.

Grup GoTo mengantongi Gross Transaction Value (GTV) lebih dari 22 miliar dolar Amerika Serikat tahun lalu, sementara jumlah transaksi lebih dari 1,8 miliar pada 2020.

Untuk pengguna aktif bulanan, GoTo memiliki lebih dari 100 juta pengguna. GoTo juga berencana untuk mengembangkan bisnis ke negara-negara tempat Gojek beroperasi.

Baca juga: Gojek merger dengan Tokopedia, bentuk Grup GoTo

Baca juga: Pasca merger, Tokopedia tetap sediakan pilihan pembayaran

Baca juga: Entitas gabungan Gojek - Tokopedia targetkan kontribusi PDB 2 persen


 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021